Ini Tanggapan Gagarin Terkait Survei LSI Network Jatim yang Unggulkan Aji

oleh -13616 views
Gagarin. (Foto: IST)

Pacitanku.com, PACITAN – Bakal calon Bupati (Bacabup) Pacitan Gagarin turut memberikan tanggapan terkait hasil survei elektabilitas Bacabup Pacitan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan 2020 yang dipublikasikan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) Network Jatim, Senin (10/2/2020) kemarin di Pacitan.

Pria yang juga kader Partai Golongan Karya (Golkar) ini mengatakan dirinya tidak termasuk obyek yang disurvei, meskipun dirinya mendaftar Bacabup melalui Partai Demokrat (PD).

“Memang kemarin (Sabtu, red) saya mendaftar melalui Partai Demokrat, namun saya bukan kader internal Partai Demokrat, sehingga saya tidak masuk kedalam nama-nama yang disurvei tersebut,”kata Gagarin, saat dikonfirmasi Pacitanku.com, Senin malam.

Baca juga: Gagarin Ambil Formulir Pendaftaran Cabup Pacitan Lewat Partai Demokrat

Selain itu, tentang survei itu sendiri, politisi yang berasal dari Kecamatan Ngadirojo tersebut menjelaskan setiap lembaga survei mempunyai otoritas dalam menggunakan metodologi.

“Jadi saya menghargai saja terhadap lembaga survei yang melakukan survei berdasarkan pesanan atau berdasarkan objektivitas,”tandas Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pacitan ini.

Menurut Gagarin, survei yang dipublikasikan tersebut hanya internal Partai Demokrat dan tidak terkait dengan Bacabup yang lain, “Survei itu internal Partai Demokrat,”tegasnya.

Secara khusus, Gagarin mengungkapkan survei tersebut harus dilihat bagaimana cakupannya. Sehingga, kata dia, yang perlu disampaikan, kadang masyarakat masih tidak paham dengan metodologi lembaga survei yang ada.

“Sehingga pemahaman mereka hasil survei sudah menjadi gambaran riil di lapangan, padahal tidak demikian juga. Banyak hal yang harus dipenuhi dalam survei, misalnya cakupan, obyek survei dimana, siapa saja yang disurvei, motif pertanyaannya bagaimana, itu juga menentukan,”pungkasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya di Pacitanku.com, dalam survei untuk mengetahui elektabilitas kader di internal Partai Demokrat, Bacabup yang juga Ketua DPRD Pacitan Indrata Nur Bayuaji berada di posisi pertama dengan prosentase 17,7%, kemudian disusul Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo dengan prosentase 5,9%.

Baca juga: Survei LSI Network Jatim: Indrata Nur Bayuaji Unggul di Internal Partai Demokrat

Sementara posisi ketiga adalah Ketua Fraksi PD DPRD Pacitan Ronny Wahyono dengan prosentase 5,5 %, diikuti Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Luki Tribaskorowati 1,4% dan guru besar Universitas Negeri Semarang (UNNES) Sudijono Sastroatmodjo 1,1% di posisi kelima.

Survei yang digelar pada Ahad (12/1/2020) hingga Senin (20/1/2020) tersebut dilakukan dengan wawancara 440 responden dengan margin of error sebesar 4.8%.

Adapun metode survei yang digunakan LSI Network Jatim adalah dengan metode multistage random sampling menggunakan teknik wawancara tatap muka.

Pewarta: Yahya Ali Rahmawan
Penyunting: Dwi Purnawan