Survei LSI Network Jatim: Swing Voter Pilbup Pacitan Masih Tinggi, Capai 68%

oleh -131.067 views
Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Network Jatim menyampaikan hasil survey Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan 2020. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Network Jatim merilis hasil survei Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan 2020 pada Senin (10/2/2020) di hotel Prasasti Pacitan.

Yang cukup menarik dari hasil survei tersebut adalah calon pemilih tidak loyal atau swing voter yang masih tinggi, yakni 68,4%.

“Hasil Survey kami yang kami mulai sejak 12-20 Januari 2020 dengan 440 responden dengan margin of error sebesar 4.8% menunjukkan temuan yang luar biasa, per hari ini yang unggul masih swing voter dengan angka di atas 50%,”kata Imam Fauzi, Peneliti LSI Network Jatim, saat menggelar konferensi pers hasil temuan dan analisis survei Pilbup Pacitan.

Baca juga: Survei LSI Network Jatim: Indrata Nur Bayuaji Unggul di Internal Partai Demokrat

Imam Fauzi memaparkan  hasil ini merupakan hasil survei awal dari lembaganya, namun dia mengatakan aka nada rilis survei terbau Pilbup Pacitan dua atau tiga bulan kedepan.

“Namun dalam 2 sampai 3 bulan kedepan tentu LSI akan merilis survei terbaru berkaitan dengan Pilbup Pacitan,”kata Imam.

Dalam hasil survei tersebut, bakal calon bupati (Bacabup) Indrata Nur Bayuaji disebut unggul dalam survei tersebut untuk Bacabup internal Partai Demokrat.

Imam juga menyebut Indrata Nur Bayuaji atau Aji berada di posisi pertama dengan prosentase 17,7%, kemudian disusul Yudi Sumbogo dengan prosentase 5,9%.

Menurut Imam, ada beberapa hal yang memengaruhi keponakan Presiden ke-enam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini unggul di setiap tahapan survei.

Yang pertama, Indrata Nur Bayu Aji memiliki tingkat kesukaan paling tinggi. Selain itu, ia juga punya atribut atau alat peraga sosialisasi paling banyak.

Selain itu, Aji juga dianggap paling banyak mendatangi dan memberikan bantuan kepada masyarakat. Tak hanya itu, dalam survey tersebut disebutkan fakta sosok Aji dinilai oleh masyarakat sebagai calon bupati yang paling Demokrat.

Berikut data hasil survei elektabilitas Bacabup Pacitan internal Partai Demokrat versi LSI Network Jatim:

  1. Indrata Nur Bayuaji (17,7%)
  2. Yudi Sumbogo (5,9%)
  3. Ronny Wahyono (5,5 %)
  4. Luki Tribaskorowati (1,4%)
  5. Sudijono Sastroatmodjo (1,1%)

Jumlah sampel: 440 responden
Margin of error: 4,8%

Pewarta: Putro Primanto
Penyunting: Dwi Purnawan