Bulan K3, PT PJB UBJ O&M PLTU Pacitan Gelar Simulasi Tanggap Darurat

oleh -13909 views
Kebakaran. simulasi tanggap darurat yang dilakukan oleh PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) Unit Bisnis Jasa Operasi dan Pemeliharaan (UBJOM) Pacitan. (Foto: Putro Primanto)

Ada chaos. Ada huru-hara yang dilakukan sekelompok masyarakat. Bahkan ada dorong-dorongan antar sejumlah orang. Sementara ada juga oknum yang berusaha menyabotase asset vital milik PLTU. Tak berhenti di situ, terjadi kebakaran di titik-titik milik PLTU Pacitan. Menyikapi hal itu, petugas keamanan pun sigap mengamankan obyek vital PLTU Sudimoro, Pacitan.

Pacitanku.com, SUDIMORO – Kegiatan tersebut adalah simulasi tanggap darurat yang dilakukan oleh PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) Unit Bisnis Jasa (UBJ) Operasi dan Pemeliharaan (O&M) Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Pacitan untuk memperingati bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Kegiatan simulasi tersebut digelar pada Senin (10/2/2020) di area PT PJB UBJ O&M PLTU Pacitan, Kecamatan Sudimoro, Pacitan.

General Manager (GM) PT PJB UBJ O&M PLTU Pacitan Maryono mengatakan PLTU Pacitan sebagai salah satu PLTU besar di pulau Jawa dari obyek vital teritorial di selatan pulau Jawa.

Aksi dorong. simulasi tanggap darurat yang dilakukan oleh PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) Unit Bisnis Jasa Operasi dan Pemeliharaan (UBJOM) Pacitan. (Foto: Putro Primanto)

“Hal inilah yang menyebabkan kita harus menjaga dengan baik dan benar obyek vital ini,”katanya.

Maryono mengatakan terdapat tiga poin besar dalam kegiatan simulasi ini. Diantaranya adalah huru-hara, sabotase dan kebakaran di area PLTU Pacitan.

Lebih lanjut, Maryono mengungkapkan kegiatan simulasi tersebut menjadi kegiatan yang melibatkan banyak pihak. Sehingga, kata dia, diperlukan dukungan dari stake holder internal maupun eksternal di lingkungan PLTU Pacitan.

“Kegiatan ini kedepan akan selalu kita rutinkan sebagai bentuk kesiapan kami dalam menjaga aset bangsa,”kata dia.

Evakuasi. simulasi tanggap darurat yang dilakukan oleh PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) Unit Bisnis Jasa Operasi dan Pemeliharaan (UBJOM) Pacitan. (Foto: Putro Primanto)

Sementara, supervisor senior K3 PT PJB UBJ O&M PLTU Pacitan Dedy mengatakan kegiatan tersebut digelar guna membangun tim yang solid.

“Kami tentu sangat memerlukan sinergitas dengan stake holder yang lain, baik pemerintah daerah, masyarakat, maupun wartawan,”katanya.

Sebagai informasi dalam kegiatan simulasi tanggap darurat melibatkan sejumlah karyawan dan karyawati PT PJB UBJ O&M PLTU Pacitan.

Selain para karyawan, juga melibatkan Koramil Sudimoro, Kepolisian Sektor Sudimoro, security dan stakeholder eksternal lainnya.

Pewarta: Putro Primanto
Penyunting: Dwi Purnawan