Politisi Nasdem dan Gerindra Ambil Formulir Pendaftaran Pilbup Pacitan di Partai Demokrat

oleh -13799 views
AMBIL FORM. Sekretaris DPD Partai Nasdem Pacitan, Eko Hadi Susilo mengambil form pendaftaran Bacawabup Tugino (Ketua DPD Partai Nasdem Pacitan) di Partai Demokrat. (Foto: istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Dua kader Partai Politik (Parpol) diluar Partai Demokrat turut meramaikan bursa Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Pacitan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup Pacitan tahun 2020 melalui Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat (PD) Pacitan.

Kedua politisi itu adalah Tugino yang merupakan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Pacitan dan Riyanto yang merupakan Ketua DPC Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Pacitan.

Keduanya datang di tempat pengambilan formulir pendaftaran calon di kantor DPC Partai Demokrat (PD) Pacitan, Jalan Letnan Jenderal (Letjend) Siswondo Parman, nomor 34, Kelurahan Pucangsewu, Kecamatan/Kabupaten Pacitan hampir bersamaan.

Tugino tidak hadir secara pribadi, melainkan diwakili oleh Sekretaris DPD Partai Nasdem Pacitan, Eko Hadi Susilo yang mengambil formulir pendaftaran terlebih dahulu pada Selasa (11/2/2020) pukul 15.29 WIB.

Eko hadir bersama salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pacitan Hariawan.

Selanjutnya, pada Selasa (11/2/2020) pukul 15.50 WIB, giliran Riyanto yang mengambil formulir pendaftaran sebagai Bakal Calon Bupati (Bacabup) di partai besutan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut.

Baca juga: Kades Sidomulyo Daftar Cawabup di DPC PD Pacitan

Sebelum kedua bakal calon hadir, pada Selasa (11/2/2020) siang pukul 13.30 WIB, terlebih dahulu Kepala Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Tanggono yang juga mendaftar sebagai Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup) melalui Partai Demokrat.

“Pak Tugino tidak hadir secara personal karena ada acara internal di Ponorogo, dan memberikan tugas kepada saya untuk mengambil form,”kata Eko saat dikonfirmasi Pacitanku.com, Selasa sore.

Lebih lanjut, Eko mengungkapkan, Tugino mendaftar sebagai Bacawabup Pacitan melalui Partai Demokrat sebagai ikhtiar bersama untuk membangun Pacitan.

“Ini adalah (hasil, red) rapat di internal dan koordinasi dengan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Jawa Timur, beliau (Pak Tugino, red) mendaftar di Partai Demokrat untuk Bacawabup pada Pilkada Pacitan tahun 2020,”jelas Eko.

Selanjutnya, Eko mengungkapkan pihaknya akan segera melakukan komunikasi dengan DPW Partai Nasdem Jatim dan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem serta mengikuti mekanisme pendaftaran di Partai Demokrat.

“Siapapun yang nantinya mendapatkan rekomendasi dari DPP Partai Demokrat, kita menghormati keputusannya, mohon doanya, kami ingin berbuat untuk Pacitan ke depan”pungkasnya.

Dengan mendaftarnya kedua politisi di luar Partai Demokrat tersebut, semakin banyak bakal calon diluar kader Partai Demokrat yang meramaikan Bacabup melalui internal Partai Demokrat. Sebelumnya ada Sekretaris Partai Golkar Pacitan Gagarin dan Ketua DPC Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) yang terlebih dahulu mendaftar.

Tercatat, hingga hari terakhir pendaftaran Bacabup-Bacawabup pada Selasa (11/2/2020), sudah ada-14 calon, yang terdiri dari 12 Bacabup dan 2 Bacawabup yang mendaftar melalui Partai Demokrat Pacitan.

Ke-12 Bacabup tersebut adalah Wakil Bupati Yudi Sumbogo, guru besar Universitas Negeri Semarang (UNNES) Sudijono Sastroatmodjo.

Kemudian advokat senior Sugeng Nugroho, pensiunan aparatur sipil Negara (ASN) Subroto, pengusaha perempuan Winarni, Wakil Ketua DPRD Pacitan Gagarin.

Kemudian juga turut mendaftar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Surabaya Afghani Wardhana, Ketua DPRD Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Dosen Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Brawijaya (UB) Sudjatno, Ketua Fraksi PD DPRD Pacitan Ronny Wahyono, Ketua DPC Partai Hanura Nursigit Effendi dan Ketua DPC Partai Gerindra Riyanto.

Sementara dua calon yang mendaftar sebagai Bacawabup adalah Kepala Desa Sidomulyo Tanggono dan Ketua DPD Partai Nasdem Tugino.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan