Nasdem Sudah Kantongi Jago di Pilbup Pacitan 2020

oleh -443 views

Pacitanku.com, PACITAN – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Pacitan rupanya sudah mengantongi nama untuk diusung dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Pacitan tahun 2020 mendatang.

Sekretaris DPD Partai Nasdem Pacitan Eko Hadi Susilo, saat ditemui Pacitanku.com pada Minggu (24/11/2019) di Pacitan mengatakan sosok yang diusung partainya tersebut dilihat dari pengalaman dan kemampuan berkiprah di politik Pacitan. Meski demikian, Nasdem belum mau membocorkan nama calon yang akan diusungnya tersebut.

“Pertama kita melihat pengalaman dan kemampuan dan kapasitas beliau selama sekian periode yang sudah berkiprah di politik Kabupaten Pacitan,”katanya.

Yang kedua, kata Eko, calon yang diusungnya tersebut memiliki tingkat elektabilitas dan popularitas yang tinggi.

“Yang terakhir itu mau berkomunikasi antara si calon dengan partai politik, karena untuk membangun suatu daerah itu tidak bisa hanya seorang diri, tetapi juga dibutuhkan kerjasama, baik itu kerjasama parpol yang bersangkutan, maupun si calon yang akan diusung sebagai cabup dan cawabup, masalah yang lain-lain itu akan kita sampaikan saat kampanye,”jelasnya.

Untuk mekanisme penentuan, kata Eko, pihaknya sudah menggelar pleno tingkat kabupaten terkait nama yang akan disepakati tersebut.

Selanjutnya, kata dia, nama tersebut akan diajukan kita ajukan ke DPW Partai Nasdem Jawa Timur dan untuk diteruskan ke DPP di Jakarta.

“Setelah itu di internal kita konsolidasikan dengan pengurus kecamatan dan desa, tinggal nanti tinggal menunggu DPW Jatim dan pleno DPP Nasdem di Jakarta, kemudian turun SK, kemungkinan sekitar bulan Mei 2020,”jelas Eko.

Disinggung terkait komunikasi antar partai, Eko menyebut sudah ada tiga partai yang bersepakat dan satu visi mengusung calon tersebut.

“Saat ini empat partai itu sudah satu sepakat, satu komunikasi, bagaimana Pacitan kedepan, kita mengesampingkan ego,”pungkasnya.

Nasdem Pacitan sendiri saat ini memiliki dua kursi parlemen sehingga tidak bisa mengusung calon sendiri. Hal itu mengharuskan Nasdem berkoalisi dengan partai politik lainnya.

Untuk diketahui, gelaran Pilbup Pacitan direncanakan akan berlangsung pada Rabu 23 September 2020 mendatang. Saat ini sejumlah bakal calon Bupati sudah mulai menyosialisasikan diri untuk mendapatkan rekomendasi partai.

Pewarta: Dwi Purnawan