Kriteria Bupati Pacitan, Harus Punya Jiwa Patriotik, Militan dan Heroik

oleh -172 views

Pacitanku.com, PACITAN – Bakal Calon Bupati (Bacabup) Pacitan Sugeng Nugroho menyebut sosok Bupati Pacitan haurs memiliki beberapa kriteria kepemimpinan, yakni patriotik, militan dan heroik. Salah satu yang menginspirasi kepemimpinan adalah Presiden RI pertama, Ir Soekarno.

“Ada kata bijak dari Bung Karno, beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, dan beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia,”katanya saat dihubungi Pacitanku.com, Minggu (24/11/2019).

Menurut Sugeng, hal itu adalah kriteria seorang pemimpin pemberani. Menurut Sugeng, menjadi pemimpin adalah impian dari semua orang, ada banyak jabatan untuk mendeskripsikan sebagai seorang pemimpin. “Diantaranya Kepala Daerah ( Bupati),”ujarnya.

Sosok Bupati, kata Sugeng, Bupati adalah sebuah jabatan tertinggi didaerahnya. Bupati bukanlah pekerjaan yang bisa dianggap sepele.

“Karena Bupati mempunyai tanggung jawab yang besar untuk membawa daerah pada kemajuan atau arah yang lebih baik, integritas, kejujuran, dedikasi, dan keberanian merupakan poin yang sangat penting yang harus dimiliki oleh seorang Bupati,” kata Sugeng.

Sugeng menegaskan sosok Bupati yang baik adalah mereka yang memiliki skill dan strategi yang jitu. Jika diberikan jabatan menjadi seorang kepala daerah ( Bupati ), maka mereka harus mempunyai keberanian untuk membuat keputusan yang tepat, cepat, dan efektif.

“Keputusan yang tepat biasanya mengarah pada perkembangan daerah dan membangun inspirasi dari semua pihak,” tutur Sugeng.

Sugeng melanjutkan, menurutnya beberapa keberanian yang harus dikuasai oleh seorang Bupati, Keberanian.

“Hal pertama yang harus dimiliki oleh kepala daerah adalah berani menjadi diri sendiri. Dalam pekerjaan menjadi seorang kepala daerah , Bupati akan bertemu banyak orang yang bisa saja mempengaruhi dirinya baik dari segi pola pikir, cara bertindak , cara hidup. Bupati adalah sosok inspirator bagi masyarakat yang dipimpinnya,” tegasnya.

Menurutnya, sosok Bupati harus berani menghadapi resiko atas kebijakan yang diambilnya, tidak takut dalam menentukan kebijakan. “Selama tidak melanggar UU, dan demi memakmurkan masyarakat Kabupaten Pacitan,”pungkas Sugeng.

Pewarta: Agus Hermawan