Sudimoro Terus Optimalkan Kampung KB

oleh -13507 views

Pacitanku.com, SUDIMORO — Kecamatan Sudimoro terus mengoptimalkan kampung keluarga berencana (KB). Salah satunya dengan menggelar koordinasi kampung KB yang digelar pada Selasa (28/1/2020) kemarin di balai pertemuan Desa Sudimoro.

“Dalam kegiatan ini, merupakan sistem koordinasi sekaligus evaluasi sebagai kampung KB yang sudah diawali disini, ” kata ketua penggerak kampung KB Sudimoro Edi Purnomo.

Edi menuturkan, program ini adalah dalam rangka mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera dengan melaksanakan delapan fungsi keluarga.

Selain itu, kata dia, penerapan fungsi keluarga ini membantu keluarga lebih bahagia dan sejahtera, terbebas dari kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan.

“Saya akan berupaya untuk mendapatkan Keberhasilan dengan program KKBPK sehingga dapat dilihat dari beberapa aspek. Pertama, aspek pengendalian kuantitas penduduk, kedua, aspek peningkatan kualitas penduduk yang dalam hal ini diukur dengan peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarganya,”jelasnya.

Sementara, Kepala UPT Puskesmas Sudimoro,  Hari Sanyoto mengatakan kegiatan kampung KB merupakan  kegiatan yang sangat erat hubungannya dengan tugas dan tanggung jawab Puskesmas.

” Maka dari itu perlu kita tingkatkan kerjasama antara pemerintah Desa dengan Puskesmas, agar kegiatan ini berhasil dengan maksimal,”kata Hari.

Lebih lanjut, Hari mengatakan bahwa peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga dapat ditelusur melalui berbagi indikator yang merupakan pencerminan dari pelaksanaan delapan fungsi keluarga.

“Hal tersebut tercantum dalam Peraturan Pemerintah No 87 Tahun 2014 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana danu Sistem Informasi Keluarga,”ujarnya.

Sementara Kades Sudimoro Langgeng Widodo juga menambahka,  Dalam PP disebutkan delapan fungsi keluarga meliputi fungsi keagamaan, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi dan pembinaan lingkungan.

“Kepada seluruh pihak yang terkait mengenai program KB di Desa Sudimoro, agar melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik sehingga program KB dapat dirasakan oleh masyarakat,”kata Langgeng.

Untuk diketahui, sejak dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 14 Januari 2016, Kampung KB terus tumbuh pesat. Semangat membentuk dan mendirikan Kampung KB di seluruh Nusantara telah menghasilkan ratusan Kampung KB.

Kampung KB, kedepannya akan menjadi ikon program kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Kehadiran Kampung KB bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor lain dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Pewarta: Agus Hermawan
Penyunting: Dwi Purnawan