Resensi Buku Kebijakan Publik

oleh -177 views

RESENSI

Judul Buku    : KEBIJAKAN PUBLIK
Penulis            : Hayat, S.AP., M.Si.
Tebal Buku    : 134 Halaman
ISBN               : 978-602-6293-52-7

MENGENAL LEBIH DEKAT PERANAN KEBIJAKAN PUBLIK

“Kebijakan yang baik tidak boleh menguntungkan sekelompok kecil masyarakat dan mengabaikan kepentingan umum.”

Di tahun 2018, telah hadir sebuah buku bernuansa baru dalam kajian kebijakan publik. Sang penulis memaparkan, bahwa setiap Negara dan setiap pemerintahan, apapun bentuk dan sistem pemerintahannya, dituntut untuk merancang dan mengimplementasikan kebijakan yang tepat bagi masyarakatnya, layak bagi situasi kondisi sosial ekonomi masyarakatnya dan efektifitas dalam mengarahkan layar kebijakan yang harus dilaksanakan oleh organ-organ pemerintahan dan birokrasi pemerintahan. Kali ini Ia menulis aspek-aspek apa saja yang ada dalam kebijakan publik mulai dari planning, implementation sampai dengan evaluation dibarengi dengan informasi dan teori ilmu.

Dimensi yang menjadi driving force mengapa sebuah kebijakan dibangun. Pertama, dimensi futuristik pemerintahan, yaitu untuk menjangkau capaian pembangunan ke depan yang telah dicanangkan dalam visi dan misi pemerintahan. Kedua, dimensi problem solving, yaitu menyelesaikan beberapa persoalan dan problematika masyarakat dan juga sebagai sebagai terobosan untuk menyelesaikan masalah-masalah pokok yang ada. Ketiga, sebagai birocratic engineering, yaitu mengarahkan energi pemerintah baik Sumber Daya Manusia (SDM), maupun financial capacity untuk mendekati atau merespon kebutuhan-kebutuhan pokok masyarakat umum.

Kita disini ajak mengerti apa saja konsep dan pola dari kebijakan publik, dimana kebijakan publik yang baik memiliki beberapa syarat antara lain, harus mempertimbangkan berbagai pertimbangan, sehingga menjadi pilihan terbaik atau merupakan the best choices among the alternatives juga merupakan terobosan aau inovasi untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat.

Kebijakan publik yang baik harus melalui pertimbangan rasional maupun pertimbangan spesifik yang mendasar sesuai dengan cita-cita keadilan dan kesejahteraan masyarakat. Kebijakan yang baik tidak boleh menguntungkan sekelompok kecil masyarakat dan mengabaikan kepentingan umum. Dengan kata lain kebijakan publik  bukan persoalan kepentingan segelintir elit penguasa.

Disisi lain, buku ini juga mengkaji tentang reformasi birokrasi menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam proses manajemen pelayanan publik. Sebagai bagian terpenting dalam pencapaian tujuan pelayanan yang optimal untuk mencapai tujuan tatanan pemerintahan yang baik (good governance).

Buku Kebijakan Publik menyajikan berbagai informasi mengenai sifat, fungsi dari evaluasi kebijakan, dan tahapan evaluasi kebijakan. Evaluasi akan menghasilkan tuntutan-tuntutan yang bersifat evaluatif. Ada beberapa karakteristik dari evaluasi yaitu sebagai berikut, Pertama, fokus nilai, evaluasi berbeda dengan pemantauan, dipusatkan pada penilaian menyangkut keperluan atau nilai dari suatu kebijakan dan program. Kedua, interdependensi fakta-nilai, untuk menyatakan bahwa kebijakan atau progam tertentu telah mencapai tingkat kinerja tertinggi atau terendah.

Ketiga, orientasi masa kini dan masa lampau, evaluasi bersifat retrospektif, dan setelah aksi dilakukan. Keempat, dualitas nilai, nilai yang mendasari tuntutan evaluasi mempunyai kualitas ganda, karena mereka dipandang sebagai tujuan dan cara. Kelebihan dalam buku ini, sifat dari evaluasi kebijakan dijelaskan kembali lebih detail yang dinyatakan dalam konsep evaluasi kebijakan (halaman 38).

Ada enam tahapan dalam evaluasi kebijakan yaitu, mengidentifikasi tujuan program yang akan dievaluasi, analisis terhadap masalah, deskripsi dan standarisasi kegiatan, pengukuran terhadap tingkatan perubahan yang terjadi, menentukan apakah perubahan yang diamati merupakan akibat dari kegiatan tersebut atau karena penyebab lainnya, beberapa indikator untuk menentukan keberadaan suatu dampak.

Buku ini berisi penjelasan tentang kebijakan publik dan pelayanan publik dengan berbagai aspeknya. Ini adalah buku pengantar untuk mahasiswa atau siapa saja yang berminat mempelajari kebijakan publik, disertai dengan  deskripsi yang cukup singkat membuat buku ini enak dibaca dan mudah dipahami. Buku ini memberikan dinamika yang unik dalam perkembangan ilmu administrasi publik dengan konseentrasi kebijakan publik.

Oleh: SHINTA DWI LESTARI
Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi
Prodi S1 – Ilmu Administrasi Negara
Universitas Islam Malang (UNISMA)