Resensi buku : Pendopo Pacitan, rumah rakyat yang semakin terbuka

oleh -221 views

Pacitanku.com, PACITAN–Pendopo Kabupaten Pacitan mulai tahun 2011 mengalam perubahan dalam fungsinya. Keberadaannya tidak lagi terkesan kaku, terlalu procedural dan serba formal seperti pada era sebelumnya. Perubahan itu terjadi bukan karena ada ketentuan yang mengatur akan fungsi symbol kenergaraan itu sebagai pusat pemerintahan kabupaten. Aura pendopo itu berubah karena terbawa secara alamiah oleh pembawaan penghuni baru yaitu Bupati Indartato.

Sinopsis buku

Judul buku pendopo Pacitan, rumah rakyat yang semakin terbuka ini menggambarkan bahwa pendopo Pacitan dibuka seluas – luasnya untuk semua rakyat Pacitan yang ingin berkunjung ke kantor tersebut, menyampaikan uneg – unegnya, maupu menyampaikan sumbangsih saran dan ide untuk kemajuan Pacitan. Akses keterbukaan pendopo ini dibuka oleh Indartato seluas – luasnya yang kemudian beliau menamai kantor ini dnegan pendopo rakyat Pacitan.

Hal ini kemudian dibuktikan dengan dibukanya tempat ini sepanjang waktu untuk masyarakat umum, dan tidak ada satupun sudut ruangan dan kamar tamu yang disakralkan, semua dtunjukkan sendiri oleh Indartatos ebagai guide . dan sampai saat ini sudah tidak terhitung berapa ribu warga Pacitan yang memasuki pendopo, sesuatu yang dulu – dulu sangat jarang orang kebanyakan sowan dan blusukan kesana.

Di dalam buku yang menceritakan semua hal terkait pendopo Pacitan ini, penulis yang juga saat in menjabat sebagai Ketua UPT TK-SD kecamatan Pringkuku, H. Subiyanto Munir menjelaskan secara rinci dari A sampai Z tentang pendopo Pacitan. Disamping itu sebagai pelengkap, penulis juga menyampaikan sejarah para bupati Pacitan dari masa ke masa, dan di halaman akhir dituliskan juga potensi Kabupaten Pacitan yang memang menjadi daerah potensial ini.

Kegunaan buku yang memiliki tebal 104 halaman ini adalah sebagai cinderamata bagi para tamu yang ingin berunjung ke pendopo Pacitan, entah itu sekedar ingin blusukan, maupun secara legal formal seperti tamu resmi bupati. Buku saku ini dibuat atas permintaan dari bupati kepada penulis, saat itu tanggal 22 April 2011 tahun lalu. Bupati menyampaikan de sederhana agar para tamu khususnya anak – anak pelajar, setelah mereka berkunjung ke pendopo harus ada oleh – oleh pengetahuan tentang Pendopo, sehingga ide penulisan buku ini dianggap paling tepat.

Jika ingin mendapatkan buku ini, bisa menghubungi bagian humas dan protokol Pemkab Pacitan, atau bisa menghubungi penulis secara langsung.

Judul Buku          : Pendopo Kabupaten Pacitan, rumah Rakyat yang semakin terbuka

Penulis                 : H. Subiyanto Munir, S. Pd, SD (087758741966)

Layout                  : Ardya Rossy

Art Desain           : Saras Pramudya, ST

Editor                    : Wasi Prayitno, Eni Setyowati

Penerbit              : Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Pacitan bekerja sama dengan CV Mitra Karya Sejahtera

21 x 14 cm, x + 104 hal

ISBN: 978-602-99891-1-1-3

Subiyanto Munir, Penulis Buku
Subiyanto Munir, Penulis Buku
Buku Pendopo Pacitan
Buku Pendopo Pacitan