Puluhan Peserta Semarakkan Lomba Merpati Balap di Pacitan

oleh -434 views
Sejumlah joki burung merpati menerima merpati balap yang beradu kecepatan pada perlombaan Merpati Balap Kecamatan. (Foto: Agus Hermawan/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN –  Sejumlah joki burung merpati menerima merpati balap yang beradu kecepatan pada perlombaan Merpati Balap Kecamatan, pada perlombaan yang digelar di lapangan Desa Sirnoboyo, Kecamatan Pacitan, Minggu (10/11/2019 ).

Adu kecepatan merpati ini digelar oleh paguyuban Merpati Balap Pacitan yang bekerjasama dengan para peternak dan Persaruan Penggemar Merpati Balap Sprint Pacitan (PPMBSP) dalam menjaga dan melestarikan budaya yang ada di Kabupaten Pacitan.

Sejumlah joki burung merpati menerima merpati balap yang beradu kecepatan pada perlombaan merpati balap tingkat Kecamatan di area tersebut.

Tim dari Enggal Group dalam Lomba Merpati Balap. (Foto: Agus Hermawan)

“Acara ini digelar dalam rangka menjalin silaturohim antar penggemar merpati balap sekecamatan,” kata salah satu peserta PPMBSP, Pesek Al Farazi, saat ditemui disela – sela balap merpati berlangsung.

Balap merpati ini merupakan dasar hobi dari warga masyarakat Pacitan, semakin lama semakin banyak peminatnya.

“Ini murni hobi warga masyarakat Pacitan yang sudah booming menjadi budaya nusantara, maka dari itu perlu kita agendakan di setiap bulannya,” kata Pesek.

Sementara peserta lomba ini kata dia, datang dari berbagai kecamatan, dan yang paling banyak yang menghadiri, para penggemar dari kecamatan Pacitan. “Ini berlangsung selama tiga hari dan diawali dari hari , juma’t, berjarak 500 m, sabtu, 1 km, minggu, 1 km, “jelas dia.

Diketahui jumlah perserta lomba merpati balap tersebut, sebanyak 56 peserta dari berbagai kecamatan. “Banyak karena dalam satu tim ada yang bawa 2 hingga 10 burung merpati,”pungkasnya.

Pewarta: Agus Hermawan
Penyunting: Dwi Purnawan