Gelar Deklarasi Damai Pilkades, Bupati Pacitan: Apapun Hasilnya Harus Diterima

oleh -483 views
Deklarasi damai Pilkades serentak pada Senin (14/102019) mendatang. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan menggelar deklarasi damai Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada Senin (14/102019) mendatang. Deklarasi damai Pilkades tersebut digelar pada Jumat (4/10/2019) di Pendopo Kabupaten Pacitan.

Bupati Pacitan Indartato dalam arahannya mengatakan membutuhkan kerja bersama menuju kesuksesan Pilkades tersebut.

Lebih lanjut, Indartato juga mengajak khalayak yang hadir untuk tetap menjaga kondusivitas Pacitan. Baik selama proses berlangsung sampai paska pilkades. “Jaga komitmen kita bersama. Agar adem, ayem dan tentrem. Apapun hasilnya, kita terima,”katanya, seperti dalam siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Senada dengan Bupati, Dandim 0801 Letkol (Kav) Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang dan Kapolres AKBP Sugandi mengatakan kunci kesuksesan tersebut salah satunya adalah ketaatan pada aturan.

Sebagai institusi penegak hukum dan penjaga ketertiban serta keamanan, baik TNI maupun Polri siap mendukung pelaksanaan pilkades serentak nanti.

Kapolres pun meminta, selain deklarasi, seyogyanya diikuti dengan penandatanganan pakta integritas. Utamanya untuk panitia dan para calon kepala desa. Sehingga tingkat kepatuhan mematuhi aturan akan lebih baik. “(Panitia dan calon) Siap mempertanggungjawabkan secara moral dan hukum,”papar Kapolres.

Sebagai informasi, Pilkades serentak akan digelar pada 14 Oktober 2019 dan diikuti 113 desa dari 12 Kecamatan. Pada tahun ini, sebanyak 298 Calon Kepala Desa (Cakades) ikut dalam Pilkades.

Adapun, proses Pilkades ini sendiri juga menjadi kelanjutan dari tahun 2018 yang lalu, dimana pada tahun 208 sebanyak 33 desa dari 9 kecamatan sudah melangsungkan pilkades serentak.