Cerita Tentang Rumah Masa Kecil SBY

oleh -133.229 views
Rumah SBY di Pacitan. (Dok Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Jenderal TNI (Purn) Prof Dr H Susilo Bambang Yudhoyono adalah Presiden Indonesia ke-6 yang lahir di Desa Tremas, Kecamatan Arjosari, Pacitan, Jawa Timur, pada 9 September 1949. Pria yang akrab disapa SBY ini menjabat sejak 20 Oktober 2004 hingga 20 Oktober 2014.

Susilo Bambang Yudhoyono adalah Presiden pertama di Indonesia yang dipilih melalui jalur pemilu. Susilo Bambang Yudhoyono, bersama Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla, terpilih dalam Pemilu Presiden 2004.

Pria yang akrab disapa “Sus” oleh rangtuanya dan populer dengan panggilan “SBY” ini melewatkan sebagian masa kecil dan remajanya di Pacitan.

Nah, salah satu kenangan yang mengesankan dari sosok SBY adalah rumah masa kecilnya yang terletak di lingkungan Barean, Kelurahan Ploso Pacitan. Tak jauh dari terminal Pacitan.

Sebelum memasuki jenjang pendidikan militer di Magelang, SBY menghabiskan masa kecil hingga usia SMA di Pacitan. SBY sendiri adalah alumni SDN Baleharjo 1, SMPN 1 Pacitan dan SMAN 1 Pacitan tahun 1968. Saat masa kecil inilah SBY menghabiskan di rumah tersebut.

Dididik oleh ayah dan ibunya, Soekotjo dan Siti Habibah, SBY menempuh pendidikan hingga SMA akhir tahun 1968. Barulah pada tahun 1970, SBY masuk ke Akabri di Magelang dan lulus tahun 1973.

Selama masa kecilnya di Kecamatan Pacitan, SBY ternyata tinggal di rumah yang sederhana yang bergaya Joglo. Dan hingga kini, rumah SBY tersebut tak diubah bentuknya. Rumah tradisional Jawa itu masih dipertahankan bentuk aslinya.

Pada bagian depan, ada halaman yang terlihat luas. Ada satu pintu masuk yang berada di depan tengah.Saat masuk ke pintu tersebut, akan ada ruang tamu. Dan di ruang tamu ini, terlihat ada kursi, meja, lemari, hingga pilar dari kayu. Selain itu terpajang juga foto kedua orang tua SBY, R Soekotjo dan Siti Habibah.

Tak hanya itu, di bagian utama ini terdapat berbagai macam foto SBY. Semenjak menikah dengan Kristiani Herawati, hingga berbagai kegiatan selama menjadi Presiden RI dalam kurun 2004 hingga 2014. Semuanya tersaji dengan lengkap di rumah tersebut.

Rumah ini juga memiliki pendopo yang bergaya klasik, lengkap dengan berbagai koleksi gamelan. Kemudian, beranjak ke kamar tidur SBY, kamar SBY memiliki luas yang cukup terbatas. Dengan ukuran 1,5 X 3 meter persegi, kamar pribadi SBY kecil bisa dibilang tak terlalu luas.

Namun, pemilihan warna putih pada dinding kamar adalah pilihan yang tepat agar ruangan tak terasa pengap. Selain itu di dalamnya, terlihat ada meja kecil beserta ranjang.

Rumah ini menurut cerita dari SBY adalah rumah milik budhenya. Saat disinilah, semasa SBY usia SMA, banyak menghabiskan waktu di rumah ini. SBY banyak mengerjakan kerjaan kelompok bersama teman-temannya semasa SMA di SMAN 1 Pacitan, atau belajar musik di rumah ini. Kebetulan sosok SBY adalah sosok yang suka musik dan juga olahraga, yakni olahraga bola voli.

Saat ini, rumah masa kecil SBY itu dijadikan museum, sehingga siapapun boleh mengunjunginya. Saat kunjungan ke Pacitan, baik SBY atau istrinya (almarhumah) Kristiani Herawati selalu mengusahakan menyempatkan diri menengok kamar tidur yang pernah ditempatinya bersama SBY sebelum pindah tugas ke Jogjakarta sekitar 30 tahun lalu.

Bahkan, Bu Ani dan SBY juga berpesan agar perabotan di kamar dan rumah masa kecil SBY tidak diubah-ubah. Rumah tersebut menjadi salah satu kenangan yang dimiliki SBY dan Ani. Termasuk saat membesarkan AHY dan Ibas. Beberapa kali, Ibas yang juga anggota DPR RI terlihat mengunjungi rumah orang tuanya tersebut.