Kemensos RI Lakukan Asistensi Perkembangan KUBE di Pacitan

oleh -386 views
Pendampingan KUBE oleh Kemensos RI di Pacitan belum lama ini. (Foto: Dok Dinsos Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kementerian Sosial RI wilayah III melakukan asistensi Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di wilayah Pacitan pada tahun 2019.

Salah satu pendampingan dan asistensi tersebut adalah program bantuan untuk kelompok petani dan nelayan di Kabupaten Pacitan.

Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin dan Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Pacitan Subiyanto Munir, Senin (16/9/2019) di Pacitan mengatakan pihaknya mendampingi kunjungan dari Dirjen Wilayah III Kemensos RI bersama mitra Corporate Social Responsibility (CSR) dari AXA Mandiri.

“Kami mendapat kunjungan langsung dari direktorat, ibu Isni dari Dirwil III meminta diantar langsung ke kandang kambing dari salah satu kelompok secara acak pada Kamis (12/9/2019) lalu, kami antar beliau ke kandang milik anggota Kube binaan mas Ranu di dusun Ngebrak Desa Candi Kecamatan Pringkuku,”katanya.

Menurut Subi, tim asessmen dari Dirjen Wilayah III Kemensos RI tersebut merasa puas dengan program perkembangan ternak yang digulirkan. Dimana kondisi ternah kambing di kandang milik warga tersebut gemuk, sehat dan bugar.

Pendampingan KUBE oleh Kemensos RI di Pacitan belum lama ini. (Foto: Dok Dinsos Pacitan)

Sebagai informasi, pada awal tahun lalu, menggulirkan program bantuan kepada masyarakat melalui program KUBE di dua mecamatan. “Masing-masing di kecamatan Donorojo dua desa, yakni desa Widoro dan Sendang dan di kecamatan Pringkuku di desa Candi dan Watukarung,”ujar Subi.

Program tersebut, imbuhnya, menjaring beberapa kube di masyarakat ke empat desa di Pacitan tersebut.

“Giat asistensi itu juga dihadiri tim monev Kube Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur yang melakukan pemeriksaan ke seluruh kandang kelompok mulai hari Kamis (12/9/2019) sampai Sabtu (14/9/2019), untuk memastikan program tersebut tepat sasaran, tepat media, tepat fungsi dan tepat guna. Dalam arti berguna untuk pengentasan kemiskinan di dearah,”jelasnya.

Sehingga, untuk meningkatkan manajemen pengelolaan Kube, pada Kamis (12/9/2019) lalu diadakan asistensi oleh Dirjen Wilayah III Kemensos RI.

“Sebanyak 15 kelompok dari 4 desa dipilih untuk mendapatkan pembinaan, kegiatan asistensi ini berlangsung di balai desa Sendang Donorojo. Dilanjutkan dengan kunjung lapang tim ke kandang kambing terjangkau,”pungkas Subi.

Pewarta: Dwi Purnawan