Diikuti Putri Kapolres Pacitan, Begini Semarak Lomba Menghafal Al-Qur’an di MADF

oleh -651 views
Ikatan Dai Indonesia (IKADI) Kabupaten Pacitan menggelar event Musabaqoh Hifdzil Qur'an (MHQ) atau perlombaan menghafal Al-Qur’an ke -6 di Masjid Agung Darul Falah (MADF) Pacitan. (Foto: Dok Panitia)

Pacitanku.com, PACITAN – Ikatan Dai Indonesia (IKADI) Kabupaten Pacitan menggelar event Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) atau perlombaan menghafal Al-Qur’an ke -6 di Masjid Agung Darul Falah (MADF) Pacitan. Kegiatan ini mulai memasuki babak final yang digelar pada Ahad (15/9/2019).

Kegiatan ini didukung penuh oleh Pemerintah Kabupaten Pacitan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pacitan dan takmir masjid Jami’ Darussalam Kelurahan Baleharjo

“Tahun ini antusiasme para pecinta Qur’an khususnya anak-anak di Kabupaten Pacitan luar biasa. Terdapat 260 peserta dan tiap tahunnya mengalami peningkatan,”kata Ketua Panitia MHQ Danang Sudrajad, Senin (16/9/2019) di Pacitan.

Pada babak final lomba MHQ diadakan di MADF Kabupaten Pacitan ini tersisa 24 peserta dari 9 kategori. Tersebar di semua tingkatan sekolah.

Salah satu yang luar biasa, kata Danang, adalah semangat anak-anak dalam menghafal Al-Qur’an semakin menjamur. Bahkan salah satu peserta MHQ ialah putri Kapolres Pacitan AKBP Sugandi.

“Memang betul salah satu peserta MHQ tahun ini ialah putri bapak kapolres Pacitan yang berada di kategori D, dan mewakili sekolahnya SMP IT Ar-Rahmah Pacitan,”ujar Danang yang juga Sekretaris IKADI Pacitan.

Menurut Danang,  adanya MHQ tahunan ini menjadi ajang bagi penghafal Al-Qur’an untuk mempersiapkan dan menguji hafalannya di khalayak umum.

Sementara, Kepala Sekolah SDIT Al Wakil Darsono mengatakan event ini menjadi penyemangat anak-anak dalam menghafal qur’an, khusus tahun ini kita bisa memborong empat kejuaraan.

Perlu di ketahui, dari Sembilan kategori yang dilombakan kategori A1 diborong oleh SD Tambakrejo 1, A 2 di borong oleh SD IT Al Wakil untuk juara 1,2, dan 3.

Untuk kategori B 1 SD N 1 Pacitan menempatkan juara 1 dan 2 serta SDN 2 Sirnoboyo di peringkat 3. Kategori B 3 untuk peringkat 1 di peroleh oleh SDIT Al Wakil, disusul SDIT  Tawakkal dan peringkat 3 di peroleh oleh MI Guppi Bogoharjo.

Selain itu, untuk kategori C 1 menempatkan SD N 2 Sirnoboyo pada juara 1, disusul oleh SD N Sumberharjo dan peringkat 3 SD N  1Tambakrejo. Dan di kategori C 2 All Juara di borong oleh SD IT Ar-Rahmah.

Selain itu, untuk kategori D (SMP/Mts) di peroleh juara 1 Mts Muhammadiyah Ketro, juara 2 Mts Al Anwar, dan juara 3 SMP IT Ar-Rahmah. Tak hanya itu, kategori E menempatkan pendatang baru SMA N 1 Pacitan pada peringkat 2, MA Muhammadiyah Ketro peringkat 1 dan 3 MA Muhammadiyah Ketro.

Pewarta: Putro Primanto
Penyunting: Dwi Purnawan