196 Jamaah Haji Pacitan Tiba di Kampung Halaman

oleh -1 Dilihat
DISAMBUT HARU. Jamaah haji dalam kelompok terbang (kloter) empat debarkasi Surabaya asal Pacitan tiba di Pacitan pada Senin (19/8/2019) sore. (Foto: Diskominfo Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Jamaah haji dalam kelompok terbang (kloter) empat debarkasi Surabaya asal Pacitan tiba di Pacitan pada Senin (19/8/2019) sore dengan total jumlah jamaah haji sebanyak 196.

Rombongan jamaah haji tersebut tiba di Pacitan dan disambut Bupati Pacitan Indartato di halaman Pendopo Kabupaten.

“Jumlah total 196 peserta dalam kondisi sehat, sedang satu peserta meninggal dunia di Tanah Suci,”kata Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Pacitan M Nurul Huda, seperti dikutip Pacitanku.com dari laman Pemkab Pacitan.

Baca juga: 197 Calon Haji Pacitan Berangkat ke Tanah Suci

Nurul Huda mengatakan seluruh jamaah haji Pacitan mendapat perlakuan istimewa dari Arab Saudi, menidak lanjuti program baru untuk memaksimalkan pelayanan para haji yang jumlahnya ratusan juta jiwa dari seluruh Negara di dunia setiap tahunnya.

“Mereka memperoleh perlakuan istimewa sebagai percontohan, sampai ada tukang pijatnya juga,” kata Huda.

Dia mengatakan kloter 4 yang kebetulan dari Kabupaten Pacitan sebagai percontohan karena Jamaah dari Indonesia terkenal akan ketertibannya, teratur dan terbaik dengan jumlah masyarakat muslim terbesar di Dunia.

Hasilnya seluruh dunia mencontoh pembentukan karakter dari Kloter tersebut, kharom hingga di bawahnya lagi kharu yang tersusun satu komando yang memberikan efek keteraturan pada seluruh rangkaian haji selama 40 hari tersebut. “Paham Syafiiyah juga menjadi pertimbangan,”katanya.

Sementara, Bupati Pacitan Indartato menyambut baik kedatangan jamaah haji asal Pacitan tersebut. Terlebih, kata dia, mengingat perhatian luar biasa kepada jamaah haji melalui dana APBD dilakukan setiap tahunnya demi mengharap berkah untuk Pacitan.

Baca juga: Seorang Jamaah Haji Asal Pacitan Meninggal Dunia di Madinah

Indartato mengatakan pengembangan perhatian pada para Calon Jamaah Haji (CJH) akan terus dilakukan demi memberikan yang terbaik pada setiap pemberangkatan.

Selain itu, dia mengatakan masukan dari para CJH juga akan diserap pemerintah, sebagai upaya untuk mengikuti perkembangan, tapi secara umum Indartato bangga kepada panitia penyelenggara haji Pacitan. “Semoga menjadi haji mabrur, karena ini berkah bagi Pacitan,”tandasnya.

Diketahui, sebanyak 197 calon jamaah haji Kabupaten Pacitan tahun 1440 H berangkat ke tanah suci Mekkah Al Mukaromah pada Sabtu Ahad (7/7/2019) lalu. Calon haji Pacitan tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) Sub IV bersama Kota Madiun dan Kota Surabaya.

Sebanyak 197 calon haji tersebut terdiri dari 108 perempuan 108 dan 89 calon haji laki-laki. Dalam perjalanannya, seorang jamaah haji asal Pacitan, atas nama Soeratno G Mangun Wiyoto meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji di tanah suci pada Senin (15/7/2019) pukul 10.26 waktu setempat akibat penyakit lambung atau gastritis dan dehidrasi akut. (Pemkab)