Seorang Jamaah Haji Asal Pacitan Meninggal Dunia di Madinah

oleh -589 views
Ilustrasi Haji
Ilustrasi Haji

Pacitanku.com, PACITAN – Seorang jamaah haji asal Kabupaten Pacitan, Jawa Timur dikabarkan meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji di tanah suci pada Senin (15/7/2019) pukul 10.26 waktu setempat akibat penyakit lambung atau gastritis dan dehidrasi akut.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pacitan Agus Hadi Prabowo, saat dihubungi Pacitanku.com pada Senin (15/7/2019) membenarkan kabar duka tersebut.

“Benar, ada jemaah haji dari Pacitan yang meninggal di Rumah Sakit Arab Saudi di Madinah, beliau adalah Soeratno G Mangun Wiyoto, kelahiran Pacitan 21 Februari 1945 dengan alamat RT/RW 002/001 Jalan MT Haryono 70 Ploso, Pacitan,”kata dia.

Lebih lanjut, Agus mengatakan jamaah haji berusia 74 tahun tersebut meninggal dunia karena sakit. “Almarhum berangkat haji bersama istri dan anaknya, dan untuk penyebabnya karena sakit lambung,”ujar Agus lagi.

Sebelum wafat, Soeratno sempat ditangani di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI). Berdasarkan informasi, Soeratno mengalami peradangan abdomen akut dan sempat dirawat di KKHI di Madinah sejak Minggu (15/7) malam. Kondisi ini diperberat dengan perubahan cuaca ekstrem dan kekurangan cairan.

Agus mengatakan, jenazah dimakamkan di Madinah disaksikan oleh keluarga dan jemaah haji yang lain dari Pacitan.

Diketahui, sebanyak 197 calon jamaah haji Kabupaten Pacitan tahun 1440 H berangkat ke tanah suci Mekkah Al Mukaromah pada Sabtu Ahad (7/7/2019) lalu. Calon haji Pacitan tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) Sub IV bersama Kota Madiun dan Kota Surabaya.

Sebanyak 197 calon haji tersebut terdiri dari 108 perempuan 108 dan 89 calon haji laki-laki. Jamaah haji Pacitan terbang menggunakan maskapai penerbangan Saudi Airlines dengan nomor SV5601.

Pewarta: Dwi Purnawan