Emas untuk Pacitan dan Catatan Kegemilangan Olahraga Bola Voli Kota 1001 Goa

oleh
MENANG. Tim bola voli putra Pacitan dalam laga melawan Sidoarjo, Jumat malam. (Foto: Suparman/Disparpora)

Pacitanku.com, PACITAN – Tim Bola Voli putra Kabupaten Pacitan baru saja meraih medali emas dalam gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VI pada Jumat (12/7/2019).

Dalam laga final yang digelar di Gelanggang Olahraga (GOR) Dabonsia Bojonegoro, Pacitan sukses mengalahkan tim kuat lain di Jatim, yakni Kabupaten Sidoarjo dengan skor 3-1 (22-25), (25-17), (28-26), (25-19).

Dengan hasil ini, tim bola voli putra Pacitan yang diisi oleh Fredi Arik Ardianto, Febby Hendra Kusuma, Bangkit Pangestu, Rizki Irfan, Happy Setya Nuraga, Fico Tomy, Wahyu Agung dan sejumlah pemain lain ini sukses menjuarai Porprov Jatim VI sekaligus menambah koleksi emas untuk Pacitan menjadi empat.

Tercatat, hingga Jumat (12/7/2019) malam, Pacitan berhasil mengumpulkan total 12 medali dengan rincian empat emas, dua perak dan enam medali perunggu dan meraih 26 poin. Dengan hasil ini Pacitan duduk di posisi ke-31 klasemen sementara.

Sumbangan medali lain untuk Pacitan dalam gelaran Porprov Jatim VI ini ditorehkan dari cabor catur, dimana pecatur putri andalan Pacitan, Alza Nasuha sukses meraih medali perak sekaligus menjadi koleksi medali ketiga bagi Alza. Alza berhasil meraih dua medali perunggu dari nomor perorangan catur kilat putri nomor catur cepat putri.

Selain dari cabor catur, torehan medali lainnya adalah tiga medali emas yang ditorehkan atlet angkat besi putri Luluk Diana di kelas 45 kg, Snats, C&J dan Total. Tiga medali perunggu juga berhasil ditorehkan dari cabor angkat besi, dimana atlet Amel Candra berhasil meraih tiga medali perunggu di kelas 45 kg Snats, C&J dan Total . Satu medali lainnya berhasil ditorehkan cabor Paralayang beregu putri.

Olahraga bola voli Pacitan akhir-akhir ini memang mulai banyak menuai prestasi. Sebelum tim bola voli putra Pacitan menjuarai Porprov Jatim VI tahun 2019 ini, sejumlah prestasi pernah dicatatkan setidaknya dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.

Pada tahun 2016 lalu, dalam turnamen bola voli remaja kejuaraan provinsi (Kejurprov) Jawa Timur 2016, Pacitan sukses menjadi juara setelah dalam partai final menyudahi perlawanan Banyuwangi dengan skor telak 3-0 dalam laga yang digelar di Gelanggang Olahraga Seni Mojokerto, Rabu (16/3/2016) malam WIB. Setahun berselang, Pacitan berhasil meraih gelar juara Kejurprov Bola Voli Junior tahun 2017.

Tim Bola Voli Pacitan sukses menjadi juara Kejurprov Bola Voli Junior Jatim 2018. (Foto: Suparman Maman/FB)

Pada tahun 2018, tim bola voli Putra Pacitan lagi-lagi sukses mempertahankan gelar juara pada turnamen Kejurprov  Bola Voli Junior Jatim yang digelar pada 24-30 Agustus 2018. Pada partai final yang digelar di Gelanggang Olahraga Kaliwates, Kota Jember pada Kamis (30/8/2018), Pacitan sukses mengalahkan Sidoarjo dengan skor 3-1.

Prestasi individu atlet vola voli Pacitan

Happy Satya yang meraih gelar pemain terbaik Kejurprov 2016. (Foto: IST)

Selain memiliki prestasi untuk kategori tim, atlet-atlet voli Pacitan juga sukses meraih prestasi individu.

Pada tahun 2016, selain menyabet juara dan memastikan membawa pulang Piala Kapolda dan Piala Bergilir Jatim, anak-anak Pacitan juga mencatatkan satu prestasi membanggakan lainnya, yakni mendapatkan penghargaan pemain terbaik yang jatuh kepada salah salah satu pemain andalan Pacitan, Happy Setya Nugraha untuk kategori pemain terbaik putra.

Happy Setya sendiri pada tahun 2019 ini menjadi salah satu pilar yang membantu mengantarkan Pacitan menjadi juara bola voli putra Porprov Jatim VI di Kabupaten Bojonegoro.

Di tingkat nasional, dua putra Pacitan yang menjadi atlet bola voli juga menuai prestasi dipanggil Pelatnas Asian Games 2018 lalu. Dua putra terbaik asal Pacitan, yakni Veleg Dhany Ristan Krisnawan (BNI/Jakarta BNI Taplus) untuk pemain putra Pelatnas dan Novia Andriyanti (Pertamina/Jakarta Pertamina Energi). Mari kita simak profil Veleg Dhany Ristan dan Novia Andriyanti.

Veleg Dhany yang berprofesi sebagai Libero berasal dari Desa Belah, Kecamatan Donorojo. Sejak kelas 1 SMP, Veleg telah bergabung dengan klub voli di daerah asalnya Pacitan, IVOP. Di kejuaraan junior dan pelajar, pria kelahiran d24 Oktober 1990 ini kerap bermain di posisi open spiker.

Usai lulus dari SMA Punung pada Juli 2008, barulah dia bergabung dengan Samator dan  Bercita-cita menjadi pemain nasional serta membela timnas Indonesia di kancah internasional.

Veleg Dhany dan Novia Andriyanti saat berpose di Halking Pendopo Kabupaten Pacitan. (Foto: Dok. Pemkab Pacitan)

Sebagai informasi, anak dari pasangan suami istri Tumino dan Suprihatin ini adalah alumni SMPN 1 Donorojo dan SMAN 1 Punung. Sebelum memperkuat Jakarta BNI Taplus, Veleg memperkuat  IVOP Pacitan 2008 dan SAMATOR Surabaya. Kini impiannya terwujud sebab dirinya tergabung bersama 17 pemain hebat yang sempat membela Indonesia di Asian Games 2018 lalu.

Sementara, Novia Adriyanti merupakan anak dari atlet voli Pacitan, Efendi Rusmiyanto. Novi pernah memperkuat Ivop Pacitan 2000-2006 Gresik Petrokimia Phonska 2006, dan kini Jakarta Pertamina Energi. Dirinya juga akhirnya menjadi pilar timnas saat berjuang di Asian Games 2018 tahun lalu.

Pewarta: Dwi Purnawan