Polres Pacitan Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu Serentak

oleh -387 views
Polres Pacitan menggelar gladi lapang simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) untuk pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) pada Kamis (11/4/2019). (SRW)

Pacitanku.com, PACITAN – Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Pacitan menggelar gladi lapang simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) untuk pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada Rabu (17/04/2019) mendatang. Kegiatan tersebut digelar pada Kamis (11/4/2019) di kawasan alun-alun Pacitan.

Pelaksanaan gladi lapang tersebut dimulai pada Kamis pagi sekitar pukul 08.30 WIB, dipandu  Kapolsek Arjosari AKP Sukinto Suherman dan berakhir pukul 09.13 WIB.

Kapolres Pacitan AKBP Sugandi dalam sambutannya mengatakan latihan ini adalah kesiapan ini merupakan salah satu kegiatan dalam tahapan Pemilu 2019 yang harus dilaksanakan, dalam rangka mengecek kesiapan Personel POLRI, TNI beserta instansi terkait dan kelengkapannya, sebelum diterjunkan ke lapangan.

“Melalui latihan Gladi Sispamkota ini diharapkan, rencana operasi yang telah dipersiapkan dengan matang, dapat diimplementasikan secara baik dan benar pada saat bertugas di lapangan, sehingga pelaksanaan gelaran Pemilu tahun 2019 di wilayah hukum Polres Paciran dapat berjalan aman, nyaman dan kondusif,”kata dia.

Dia mengungkapkan, tujuan diselenggarakan Simulasi Sistem Pengamanan Kota dalam menghadapi pelaksanaan Pengamanan Pemilu Tahun 2019 antara lain memberi gambaran tentang perkiraan ancaman tiap tahapan pada rangkaian pengamanan Pemilu. Kemudian juga, kata dia adalah memberikan pencerahan kepada  aparat pengamanan tentang tata cara penanganan semua permasalahan.

“Kegiatan latihan hari ini dipraktekkan yaitu pengawalan pendistribusian logistik Pemilu dari KPU ke PPK yang waktu pelaksanaan nya sampai malam, apabila ada gangguan gangguan Polri harus tetap diluar TPS,kecuali sudah ada permintaan dari penyelenggara baru ke sasaran dan apabila ada gangguan TNI siap membackup,”jelas dia.

Menurut Sugandi, perlu ditekankan kepada anggota Pengamanan Pemilu tahun 2019 agar tetap bersikap netral, betul-betul menguasai tugas serta mampu mengambil keputusan yang tepat guna meminimalisir permasalahan yang mungkin akan timbul. “Semoga kegiatan Pemilu tahun 2019 berjalan Aman, Jujur, dan tertib,”tukasnya.

Sementara, Ketua KPU Pacitan Damhudi dalam penyamapaiannya mengungkapkan TNI-Polri adalah mitra KPU yang siap mengawal dalam pelaksansan Pemilu 2019.

“Mari dalam pelaksanaan Pemilu 2019, Pacitan kita ciptakan Pacitan yang aman dan kondusif, Pacitan is Pacitan, kegiatan ini sangat luar biasa,karena kegiatan ini adalah untuk mengantisipasi terjadinya gangguan dalam pelaksanaan Pemilu,”kata dia.

Turut hadir dalam simulasi tersebut, Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono, Komandan Kodim 0801/Pacitan  Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pacitan Berty Stevanus, Kepala Kesbangpol Pacitan Suhariyanto, Kepala Dinas Perhubungan Wasi Prayitno, Komandan Meteorologi Lanud Iswahyudi Pacitan Kapten Lek Arfan, Dan Sub.PM Pacitan Lettu Cpm.Nur Kholiq  serta para personil dari TNI dan Polri.

Simulasi tersebut melibatkan 3 SSK Polres Pacitan, 1 SST Kodim 0801 Pacitan, 1 SSR Satpol PP dan seluruh Ranmor dari Polsek Jajaran Polres Pacitan. (SRW/RAPP002)