Wakil Bupati Pacitan: Insyaallah Pemilu Aman

oleh
dalam Simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) untuk pengamanan Pemilu 2019 pada Kamis (11/4/2019) di alun-alun Pacitan. (Foto: Elsi Budi C)

Pacitanku.com, PACITAN – Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo mengharapkan pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada Rabu (17/4/2019) mendatang berlangsung aman dan kondusif.

“Insya Allah Pemilu di Pacitan aman sukses dan kondusif, karena antara TNI-Polri telah siap menjaga dan mengamankan Seluruh rangkaian pentahapan Sampai dengan berakhirnya Pemilu 2019,” jelasnya saat memberikan sambutan dalam Simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) untuk pengamanan Pemilu 2019 pada Kamis (11/4/2019) di alun-alun Pacitan.

Secara khusus, pria yang akrab disapa Mbogo ini mengapresiasi persiapan pengamanan pemilu ini cukup matang. Pihaknya berharap dengan simulasi pengamanan tersebut pelaksanaan pesta demokrasi berjalan dengan aman dan kondusif.”Dengan kebersamaan dan kejujuran serta keikhlasan menjaga Kota Pacitan sampai sekarang aman dan kondusif,”katanya lagi.

Simulasi tersebut digelar, terutama untuk pengamanan di tempat pemungutan suara (TPS).  Simulasi yang digelar di alun-alun kota Pacitan yang di ikuti oleh jajaran Polres, Kodim, Satuan Pamong Praja ( Satpol PP ) dan anggota Linmas. Simulasi ini bertema antisipasi kerawanan konflik antar kubu pedukung Capres dan Cawapres serta Pileg di titik bilik TPS.

Kapolres Pacitan AKBP Sugandi mengatakan pihaknnya beserta jajaran TNI dan Satuan Pamong Praja sudah menyiapkan skema pengamanan pemilu 2019 sejak tahapan pemilu. Mulai tahap awal yang kondusif, tahapan kampanye terbuka, lalu tahapan masa tenang. Selanjutnya, tahap pemungutan suara dan pasca pemungutan suara. 

“Dalam simulasi sispamkota ini, kita latihkan SOP dan Cara bertindak dalam setiap tahapan pemilu, tujuannya untuk mengantisipasi kerawan dalam pelaksanaan nanti, jika dilapangan nanti jajaran polisi sudah terlatih dalam menghadapi konflik, ancaman dan gangguan situasi dalam pelaksanaan pemilihan disetiap TPS dan KPU,” kata dia.

Dalam pengamanan pemilu nanti, untuk pengamanannya tota 400 personel gabungan sudah disiapkan. Di antaranya,  dari Polres dan Kodim 0801 Pacitan beserta Linmas serta Satpol PP.

Pewarta: Elsi Budi Cahyono
Penyunting: Dwi Purnawan