Komunitas SACPA Pacitan Tampil di Festival “Jasnebachpan” India

oleh -Dibaca 1.654 kali
Sampang Agung Centre for Performing Art (SACPA) yang merupakan perkembangan dari Pradapa Loka Bhakti, Pringkuku, Pacitan pada Rabu (14/11/2018) berangkat ke New Delhi India menghadiri Festival JasneBachpan. (Foto: Deasylina)

Pacitanku.com, PACITAN – Komunitas seniman dari Sampang Agung Centre for Performing Art (SACPA) yang merupakan perkembangan dari Pradapa Loka Bhakti, Pringkuku, Pacitan pada Rabu (14/11/2018) berangkat ke New Delhi India menghadiri Festival JasneBachpan yang diselenggarakan oleh Nasional School of Drama (NSD) India.

Dalam kesempatan yang sangat baik ini, SACPA membawa 8 orang anggotanya, yaitu May Widhiyastuti, Umi Royani, Ariesta Maharani, Anang Setiawan, Aryasa Yusuf Pratama, Johan Adiyatma Baktiar, Deasylina da Ary, dan dipimpin langsung oleh Agung Gunawan (direktur SACPA).

Sebanyak delapan orang tersebut akan menjadi penyaji baik tari maupun musik. Karya yang akan dibawakan berjudul Dry Leaf, karya besutan Agung Gunawan yang proses latihannya telah dimulai sejak 3 tahun yang lalu. Karya ini juga pernah dibawa ke Australia pada bulan April 2018 yang lalu.

Dr Deasylina da Ary melalui kepada Pacitanku.com, Rabu (14/11/2018) mengatakan  India dan Indonesia selama dua milenium telah tersambung baik dalam budaya maupun perniagaan. Agama Hindu, Budha dan kemudian Muslim pergi ke Indonesia dari pantai India.

Sehingga, kata dia, seni rakyat dan drama Indonesia didasarkan pada cerita dari epos besar Ramayana dan Mahabharata.

“Ini adalah kesempatan yang sangat langka bagi anggota SACPA, yang tumbuh dengan kisah Ramayana dan Mahabarata, mengunjungi India dan bertukar apa yang mereka tawarkan dan apa yang mereka terima melalui kegiatan artistik di Festival JashneBachpan,”katanya.

Diketahui, NSD adalah sekolah teater tertua di New Delhi India di bawah Kementerian Kebudayaan Pemerintah India. Sekolah ini adalah salah satu lembaga pelatihan teater terkemuka di dunia dan satu-satunya di India.

NSD secara rutin menyelenggarakan festival yang bertaraf internasional. Salah satunya adalah Festival JashneBachpan yang diselenggarakan oleh bidang Teater-In-Education Company.

Sementara, festival JashneBachpan adalah festival teater internasional untuk anak-anak. Dalam festival JashneBachpan ini ditampilkan karya-karya berbagai kelompok teater yang bekerja dengan dan untuk anak-anak, dari berbagai negara dan bahasa.

Hal yang menarik dari festival ini adalah dimana sutradara teater terkemuka dan sudah mapan serta kelompok teater yang mapan melakukan drama dengan dan untuk anak-anak. Sejauh ini festival Jashnebachpans telah diselenggarakan sebanyak 9 kali. (RAPP002)