Ibas Serahkan Mobil Operasional ke SMA Tempat Sekolah SBY di Pacitan

oleh -Dibaca 2.451 kali
Anggota DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono saat menyerahkan mobil operasional untuk SMAN 1 Pacitan. (Foto: Tim Media EBY)

Pacitanku.com, PACITAN – Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY) menyerahkan bantuan mobil operasional untuk SMAN 1 Pacitan dari The Yudhoyono Institute (TYI) pada Kamis (15/11/2018) di SMAN 1 Pacitan, Jalan Letjen R Suprapto 49, Kelurahan Ploso, Kecamatan/Kabupaten Pacitan.

Untuk diketahui, TYI yang berkantor di Jalan Wijaya I Jakarta Selatan adalah lembaga kajian yang berfokus pada isu-isu strategis nasional dan internasional dan berpijak pada pilar liberty (kebebasan), prosperity (kemakmuran), dan security (keamanan).

TYI ini juga hadir untuk mempersiapkan kader-kader pemimpin bangsa dengan berbagai program, diantaranya school of leadership and management, seminar, rountable diacussion, publication. Direktur eksekutif TYI saat ini adalah Agus Harimurti Yudhoyono dan Chairman-nya adalah SBY.

Serah terima kendaraan operasional tersebut diserahkan Ibas langsung kepada Kepala SMAN 1 Pacitan, Sugiyanto didampingi Bupati Pacitan Indartato dan Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono. SMAN 1 Pacitan sendiri adalah sekolah SBY pada tahun 1968.

Baca juga: Mudik, SBY Hadiri Reuni Emas Alumni SMAN 1 Pacitan 1968

Saat berdialog dengan keluarga besar SMAN 1 Pacitan, Ibas menyinggung pembangunan sektor pendidikan era Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, salah satunya adalah Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Menurut Ibas, BOS pada masa pemerintahan SBY sukses menerapkan sekolah gratis pada 2005 untuk SD dan SMP hingga SMA pada tahun ajaran 2012/2013 dan kemudian secara efektif diberlakukan pada tahun ajaran 2013/2014.

Saat ini, kata Ibas, program BOS sudah berganti menjadi Program Indonesia Pintar (PIP).

Di tingkat lokal, imbuh Ibas, 34.561 siswa Pacitan sudah menikmati pendidikan gratis dari pengawalan program yang disalurkan melalui dirinya.

Sehingga, dia berharap pengawalan program yang ia persembahkan untuk kampung halamannya itu bisa dirasakan hingga ke pelosok.

“Saya berharap pendidikan bisa dirasakan semua masyarakat sehingga ke pelosok Pacitan sebagai bentuk rasa sayang saya kepada kampung halaman saya, tempat kelahiran ayahanda tercinta bapak SBY,” pungkas dia.

Selain berkunjung ke SMAN 1 Pacitan, Ibas juga menyempatkan berdialog dengan kaum milenial Pacitan di Cangkir Cafe Ploso Pacitan, Kamis (15/11/2018) malam. (RAPP002)