Ini Cara Pemkab Pacitan Terus Dorong Masyarakat Gemar Membaca

oleh
GERAKAN GEMAR MEMBACA. Bupati Pacitan Indartato saat safari gerakan gemar membaca. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan terus berupaya mendorong minat baca masyarakat Pacitan, salah satunya dengan berbagai program di berbagai instansi.

Selain menyediakan perpustakaan yang memadai, mereka juga menjalin kerjasama lintas instansi. Selain dengan Dinas Pendidikan, kerjasama dilakukan pula dengan Polres Pacitan, RSUD dr. Darsono, dan STKIP PGRI Pacitan.

Baca juga: Begini Jurus Perpustakaan Pacitan Hidupkan Semangat Literasi Masyarakat

Bupati Pacitan Indartato ketika membuka kegiatan Safari Nasional Gerakan Gemar Membaca dan pengukuhan Bunda Baca Kabupaten Pacitan di pendopo kabupaten, Jum’at (14/9/2018) mengatakan penguasaan akan ilmu pengetahuan dimasa yang akan datang kian vital.

“Karenanya, masyarakat harus kian membudayakan membaca, karena buku adalah jendela dunia, jika ini menguasai dunia, bacalah,”kata dia, seperti dalam siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Lebih lanjut, Indartato mengatakan bahwa pihaknya terus mengupayakan  akan memberikan hadiah undian.

Hadiah diberikan kepada para pengunjung perpustakaan daerah sebagai salah satu stimulan. Terlebih indeks baca kota kelahiran Presiden RI ke-6 itu masih diangka 67,4.

Sementara, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional Widiyanto yang hadir dalam kegiatan tersebut menegaskan jika perpustakaan harus menjadi penyangga pendidikan di daerah.

Sebab, meski telah memiliki perpustakaan sendiri itu belum mencukupi. “Perpus sekolah dan kuliah belum mencukupi untuk semua kebutuhan literasi. Apalagi untuk mahasiswa,” katanya.

Dia mengungkapkan kandungan informasi disetiap koleksi buku bacaan harus disebarluaskan kepada masyarakat. Terlebih perpustakaan telah menjadi salah satu urusan wajib pemerintah daerah. (RAPP002/Humas)