Begini Jurus Perpustakaan Pacitan Hidupkan Semangat Literasi Masyarakat

oleh -131.824 views
Anak-anak sekolah antusias membaca di Pusling Perpustakaan Pacitan. (Foto: Dok. Dinas Perpustakaan Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Dinas Perpustakaan Kabupaten Pacitan memiliki jurus jitu untuk membangkitkan semangat literasi masyarakat Pacitan dalam rangka Hari Kunjung Perpustakaan yang jatuh pada Jumat (14/9/2018). Sejumlah jurus tersebut dilakukan sejak akhir Agustus 2018 lalu.

Gelar bazar buku murah

AYO BACA BUKU. Suasana bazar buku Dinas Perpustakaan Pacitan. (Foto: Dok Dinas Perpustakaan Pacitan)

Yang pertama, Dinas Perpustakaan Daerah menggelar bazar buku murah Pacitan sejak 3 September 2018 lalu.

Bekerja sama dengan Diva Press Yogyakarta, Kepala Dinas Perpustakaan Pacitan Warito mengharapkan bazar tersebut mampu menarik masyarakat umum untuk lebih mudah mendapatkan buku-buku yang bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah tanpa harus jauh-jauh pergi ke luar kota.

Dia mengungkapkan bazar Buku Murah Diva Press akan diselenggarakan sampai dengan tanggal 17 September 2018 dari jam 09.00 WIB hingga jam 21.00 WIB. Banyak jenis buku yang dihadirkan kali ini, jauh lebih banyak dari bazar sebelumnya.

Saat membuka bazar buku, Sekretaris Daerah Suko Wiyono, seperti dikutip laman Dinas Perpustakaan Pacitan, Kamis (13/9/2018) berpesan kepada para pelaku pendidikan untuk terus semangat menanamkan budaya gemar membaca dan mendorong minat berkunjung siswa ke perpustakaan baik ke Perpustakaan sekolah maupun Perpustakaan Daerah Kabupaten Pacitan.

Suko menjelaskan bahwa Dinas Perpustakaan Kabupaten Pacitan sekarang ini sudah berubah menjadi sangat cantik dan fasilitasnya juga sudah lebih memadai. Kedepannya diharapkan untuk lebih bisa meningkatkan fasilitasnya.

Suko juga meghimbau agar Desa dan Kecamatan yang ada di Kabupaten Pacitan untuk secara bersama-sama membangun masyarakat yang mempunyai minat baca tinggi dengan mengangkat perpustakaan kecamatan dan desa.

Perpustakaan keliling

Anak-anak sekolah antusias membaca di Pusling Perpustakaan Pacitan. (Foto: Dok. Dinas Perpustakaan Pacitan)

Selain bazar buku, bidang layanan dan Koleksi Dinas Perpustakaan Kabupaten Pacitan melaksanakan pelayanan perpustakaan keliling ke beberapa sekolah baik TK, SD, maupun SMK pada bulan Agustus 2018 ini.

Perpustakaan Keliling merupakan layanan yang diberikan di desa/kelurahan dan lembaga sekolah. Ini adalah strategi layanan jemput bola dalam rangka meningkatkan kegemaran membaca masyarakat dan siswa didik di seluruh wilayah kabupaten Pacitan.

Program layanan perpustakaan keliling juga menyasar pada tempat-tempat terkonsentrasinya massa (alun-alun, pasar, acara-acara keramaian) dan destinasi wisata yang dilaksanakan pada hari libur.

Kepala Sie Koleksi Dinas Perpustakaan Kabupaten Pacitan Daimah mengatakan pihaknya selama Agustus 2018 mengunjungi beberapa sekolah. Adapun sekolah-sekolah yang kami kunjungi adalah SD Gegeran Arjosari, SD Arjosari, SMKN 2 Nawangan, SDN Ketro I, SMPN 2 Ketro Kebonagung, SDN Wonogondo Kebonagung.

Daimah juga berharap sekolah berkunjung ke Dinas Perpustakaan Pacitan untuk mengenalkan kepada mereka bahwa Pacitan mempunyai Perpustakaan Daerah yang terbuka untuk umum.

Sementara, Kabid Layanan dan Koleksi Dinas Perpustakaan Pacitan Edi Sukarni juga mengajak warga sekolah lebih meningkatkan minat baca mereka.

“Betapa antusiasnya anak-anak ketika Pusling kami datang. Anak-anak menyambut dengan riangnya dan mendekati mobil kami, tidak sabar untuk memilih buku yang akan mereka baca,”kata dia.

Menerima kunjungan sekolah di Pacitan

Anak-anak sekolah mengunjungi Perpustakaan Pacitan dalam rangka hari kunjung perpustakaan. (Foto: Dok. Perpustakaan Pacitan)

Perpustakaan Daerah Kabupaten Pacitan menerima banyak kunjungan dari sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Pacitan dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan yang akan jatuh pada 14 September 2018.

Setidaknya 11 sekolah yang sudah datang berkunjung, antara lain TK Aisyah Bustanul Atfhal Baleharjo, TK Siti Patmirah Pucangsewu, SDN Baleharjo I, SDN Baleharjo II,  SMKN 2 Pacitan, TK Muslimat Pacitan, MTs Pacitan, SDN Pacitan, TK Bhayangkari, TK Negeri Pembina, TP Tunas Karya Nanggungan sebanyak 350 siswa.

Hari Kunjung ini ditujukan untuk memperkenalkan anak-anak dengan perpustakaan, dimana nantinya diharapkan anak-anak akan terbiasa dengan Perpustakaan. Dan menanamkan pemikiran kepada mereka bahwa perpustakaan itu asyik, nyaman dan menyenangkan untuk dikunjungi. Dengan menanamkan pemikiran tersebut diharapkan akan meningkatkan minat kunjung perpustakaan dan minat baca anak-anak sejak usia dini.

Kasi Layanan dan Otomasi Dinas Perpustakaan Pacitan Joko Wahyudi menyampaikan banyak terimakasih kepada pihak sekolah-sekolah dan para orang tua murid yang berkenan mengantarkan putra putrinya untuk datang berkunjung ke Perpustakaan.

“Kami menghimbau agar lebih sering datang berkunjung ke Perpustakaan Daerah Pacitan karena semua layanan dihadirkan oleh pemerintah agar dimanfaatkan sebaik-baiknya,”ujarnya.