Konco Tani Makmur Bolosingo Salurkan 10 Tangki Air Bersih ke Daerah Kekeringan

oleh -131.267 views
DROPPING AIR BERSIH. Kelompok tani Konco Tani Makmur bekerja sama dengan BPBD salurkan air bersih di titik kekeringan. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Kekeringan yang masih terjadi di sebagian wilayah Pacitan membuat Kelompok petani dan peternak Konco Tani Makmur, Desa Bolosingo, Kecamatan Pacitan turut bergerak.

Pada Kamis (13/9/2018) kelompok ini menyalurkan air bersih untuk masyarakat Pacitan yang membutuhkan di wilayah kekeringan di Pacitan.

“Untuk agenda hari ini, kita salurkan sebanyak 4 tangki di Dusun Siwalan dan Dusun Banaran di Desa Ponggok, Kecamatan Pacitan,  kemudian juga di Dusun Sengon dan Dusun Nglaban Desa Sambong, Pacitan,”kata Eko Soemi, salah satu anggota Kelompok petani dan peternak Konco Tani Makmur, Desa Bolosingo kepada Pacitanku.com, Kamis (13/9/2018).

Dia mengatakan bantuan ini merupakan kerja sama pihaknya dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat untuk membantu suplai air bersih di titik kekeringan air di Pacitan.

Adapun, anggaran untuk menyuplai air bersih tersbeut, kata Eko, merupakan anggaran swadaya anggota kelompok peternak dan petani Konco Tani Makmur.

“Rencananya akan kita salurkan sebanyak 10 tangki air bersih, tapi bertahap, dan hari ini empat tangki, sisanya enam rit mendatang menunggu daftar agenda dari kantor BPBD Pacitan, semoga sedikit bantuan ini bisa meringankan beban mereka yang membutuhkan,” kata dia

Sebagai informasi, kekeringan di wilayah Pacitan masih terjadi hingga pertengahan September 2018. Data BPBD setempat menyebutkan sebanyak 23 desa yang menyebar di delapan kecamatan krisis air bersih.

Berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sendiri, puncak musim kemarau diprediksi sampai pertengahan Oktober 2018 mendatang. (RAPP002)