30 Desa dari 11 Kecamatan di Pacitan Krisis Air Bersih

oleh -131.205 views
Kekeringan mulai landa Pacitan. (Foto : Dok. PacitankU)
Foto Ilustrasi: Kekeringan mulai landa Pacitan. (Foto : Dok. Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan menyebut sebanyak 30 desa dari 11 Kecamatan di Pacitan mengalami krisis air bersih.

Atas kondisi tersebut, BPBD setempat telah melakukan berbagai upaya penanganan, salah satunya dropping air bersih.

“Sejak pertengahan bulan Juli kami telah malakukan dropping air bersih ke daerah terdampak kekeringan yang mengajukan permintaan,”kata Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Windarto, seperti dikutip dari laman Pemkab Pacitan pada Kamis (13/9/2018).

Lebih lanjut, Windarto mengungkapkan dalam pelaksanaan dilapangan masih ada kendala yang dihadap BPBD, yakni masih banyaknya daerah yang tidak mempunyai tandon air untuk menyimpan cadangan air yang dikirim.

Mengantisipasi hal tersebut, dia mengatakan BPBD melakukan langkah bekerjasama dengan BPBD Provinsi lalu kami mendapat bantuan tandon air yang telah siap untuk didistribusikan.

Disisi lain, Windarto mengatakan persediaan air bersih di kabupaten Pacitan masih banyak hingga beberapa bulan kedepan.

Selain berhemat, dia juga menghimbau masyarakat tidak membakar semak agar tidak terjadi kebakaran lahan.

“Dipastikan tidak akan mengalami kekurangan stok air bersih, namun kami meminta kepada seluruh masyarakat untuk melakukan penghematan air bersih khususnya selama musim kemarau ini,”jelasnya.

Sebagai informasi, BMKG menyebut puncak kemarau terjadi hingga Oktober. Selain itu hujan akan turun di pertengahan bulan Oktober mendatang dengan curah hujan level sedang serta level menengah di bulan November. (RAPP002)