Kebakaran Lahan di Pacitan Menjalar ke Permukiman, Rumah Ponatin Hangus

oleh
Rumah milik Ponatin terbakar akibat karhutla di kawasan Pacitan. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Pacitan kembali terjadi, Kamis (13/9/2018).

Akibat kejadian ini, Ponatin (60) warga RT/RW 02/III Dusun Karang Asri, Desa Banjarsari, Kecamatan Pacitan harus kehilangan rumah akibat rumah yang selama ini dihuninya hangus dilalap si jago merah.

Informasi yang dihimpun Pacitanku.com dari Letda Sutardi, anggota Komando Distrik Militer (Kodim) 0801/Pacitan, Kamis malam mengatakan hangusnya rumah milik Ponatin tersebut diakibatkan pembakaran lahan milik warga.

Awalnya, pada Kamis pukul 13.30 WIB, warga setempat melihat ada titik api yang lokasinya masih di atas gunung dan jauh dari pemukiman warga.

Satu jam kemudian, angin berhembus kencang mengakibatkan api semakin membesar dan dengan cepat api merembet turun ke pemukiman warga. Api dengan cepat menyambar rumah Ibu. Ponatin dan mengakibatkan rumah terbakar.

Akibat kejadian tersebut, rumah milik Ponatin hangus terbakar dan tidak bisa ditempati lagi. Total kerugian akibat kebakaran rumah tersebut diperkirakan sekitar Rp 25 juta.

Warga dibantu Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan SAR Linmas Satpol PP berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Tak berselang lama, dua armada mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) tiba di lokasi, selanjutnya melaksanakan pemadaman.

Pada kamis sore sekitar pukul 17.00 WIB, secara keseluruhan api sudah bisa dipadamkan.

Babinsa, Bhabinkamtibmas dibantu warga sekitar membersihkan-sisa sisa kebakaran dan mengevakuasi barang barang yang masih bisa dipergunakan.

Sementara, Ponatin sementara tinggal di gubuk yang dibikin oleh warga sekitar, Perangkat Desa, Babinsa dan Babinkamtibmas secara gotong royong. (RAPP002)