Tren Elektabilitas Khofifah-Emil Naik, Ungguli Gus Ipul-Puti di Pacitan Hingga Trenggalek

oleh
Khofifah-Emil. (Foto: Dok Tim Media Khofifah-Emil)

Pacitanku.com, SURABAYA – Pengamat Politik dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Fahrul Muzaqi, menilai tren elektabiltas pasangan calon gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto, berpotensi akan terus naik.

“Kalau sedari awal justru Gus Ipul. (Sekarang) ibu Khofifah potensi terus naiknya sangat besar.  Itu perlu dipertahankan. Kalau bisa ditingkatkan,” kata Fahrul di Surabaya, Senin (12/3).

Hal itu diungkapkan Fahrul menanggapi hasil survei terbaru Litbang Kompas. Dalam survei, elektabilitas Khofifah-Emil unggul tipis dari rivalnya, Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno, di empat dari enam zonasi wilayah. Tren ini naik mengingat dari beberapa hasil survei sebelumnya Gus Ipul-Puti masih unggul.

Rinciannya, Mataraman Pesisir (Bojonegoro, Lamongan, Tuban) 54,1%, Mataraman (Pacitan, Madiun, Magetan, Ponorogo, Trenggalek, Nganjuk, Blitar, Tulungagung) unggul di angka 47,2 %.

Sedangkan Madura (Bangkalan, Pamekasan, Sampang, Sumenep) Khofifah meraih  50,7%, dan wilayah Osing (Banyuwangi) menjadi milik Khofifah-Emil dengan 53,1%.

Menurut Fahrul, Khofifah bisa menggejot elektabilitasnya tersebut dengan memaksimalkan suara dari Emil Dardak. Ia menilai, Emil Dardak pasangan yang tepat untuk mendulang suara di sejumlah wilayah. “Ini celah yang bisa dimanfaatkan pak Emil untuk memaksimalkan elektabilitasnya,” tegasnya.

Secara terpisah, pengamat Politik LIPI, Siti Zuhro menilai perilaku pemilih di Jatim masih cukup dinamis meski saat ini dukungan pemilih ke Khofifah-Emil berdasarkan survei lebih besar. Dia memprediksi persaingan ke depan akan lebih sengit lagi.

Menurutnya, peluang kemenangan masing-masing calon akan ditentukan oleh kepiawaian mereka dalam mengelola aspirasi dan kepentingan masyarakat. Begitu juga dengan pasangan Khofifah-Emil. Meski sudah unggul tipis, tapi masih ditentukan oleh kepiawaian keduanya ke depan.

“Apakah peluang kemenangan pasangan Khofifah lebih besar? Ini akan ditentukan oleh kepiawaiannya dalam mengelola aspirasi dan kepentingan rakyat,” katanya. (RAPP002)