Partisipasi Pilgub Jatim Meningkat, Utamanya di Pacitan dan Sekitarnya

oleh -721 views
KPU Pacitan saat menggelar Rapat Pleno Rekapitulasi Pilgub Jatim di Pacitan.

Pacitanku.com, SURABAYA – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur Gogot Cahyo Baskoro menyebut partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 meningkat signifikan.

Dia mengatakan ada kenaikan sebesar 9,97 persen dari sebelumnya 59,53 persen di 2013 menjadi 69,55 di 2018. Kendati demikian capaian tersebut masih jauh di bawah target KPU Jatim sebesar 74 persen.

Baca juga: Rekapitulasi KPU Pacitan: Khofifah-Emil Raih 230.087 Suara, Gus Ipul-Puti 79.274 Suara

Menurutnya, partisipasi terbesar berada di wilayah Mataraman, di antaranya adalah Kabupaten Tulungagung 73,89 persen, Kabupaten Pacitan 68,50 persen, Kabupaten Kediri 64,58 persen, dan Kabupaten Malang 63,80 persen. “Masyarakat di Jatim sangat antusias dan animonya tinggi. Mereka secara sukarela datang ke TPS pada 27 Juni 2018,” kata Gogot, Minggu (8/7/2018) di Surabaya.

Dikatakan Gogot, ada banyak faktor yang memengaruhi kenaikan jumlah partisipasi ini. Di antaranya adalah kesadaran masyarakat yang mulai terbangun, sosialisasi yang merata di berbagai segmen masyarakat hingga penyelenggaraan pilkada serentak. “Adanya pemilihan bupati dan wali kota yang bersamaan dengan Pilgub Jatim turut menjadi faktor pendongkrak,” ujarnya.

Dia mengatakan bahwa pada pemilihan yang akan datang sosialisasi pemilu akan dilakukan seluas-luasnya. Menurutnya, bukan hanya melalui media dan alat peraga tetapi bertatap muka langsung. “Cara ini (tatap muka) terbukti efektif, maka ini harus diperbanyak,” kata dia.

Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito juga mengaku bersyukur terhadap capaian tersebut. Dia mengungkapkan fakta itu menepis anggapan banyak orang yang memperkirakan tingkat partisipasi masyarakat pada Pilgub Jatim 2018 rendah.

Baca juga: Hitung Cepat KPU: Partisipasi Pemilih Pilgub Jatim di Pacitan Capai 68,6 Persen

“Paling utama kami juga bersyukur pelaksanaan Pilgub Jatim berjalan dengan lancar dan damai. Tidak ada gesekan masyarakat hingga proses Pilgub Jatim selesai,”katanya.

Seperti diketahui, data final KPU Jatim menyebut pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak tetap unggul dengan raihan 10.465.218 suara atau 53,55 persen. Sedangkan pesaingnya Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno mendapatkan 9.076.014 suara atau 46,45 persen.