KPU: 15 Parpol di Pacitan Penuhi Syarat Jadi Peserta Pemilu

oleh -131.633 views
Rapat Pleno Verifikasi Parpol oleh KPU Pacitan. (Foto: Wahyu S/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan menyatakan 15 partai politik berhasil memenuhi persyaratan untuk menjadi peserta Pemilihan Umum 2019 di Kabupaten Pacitan.

Ketua KPU Pacitan Damhudi mengatakan bahwa pihaknya melakukan verifikasi vaktual sebanyak 16 partai yang terdiri dari 12 partai lama dan 4 partai baru. “Ada 15 parpol yang lolos verifikasi dengan rincian 11 partai lama dan empat partai baru,”katanya saat Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Verifikasi Partai Politik Calon Peserta Pemilihan Umum Tahun 2019, Kamis (8/2/2018) di Hotel Permata Pacitan.

Dalama pelaksanaan, Damhudi mengatakan pihaknya  melakukan verifikasi faktual dari pintu ke pintu (door to door) untuk mendata  secara langsung dilapangan mengenai anggota parpol agar memperoleh data yang akurat.

“Setelah verifikasi tahap awal selesai, sesuai keputusan mahkamah konstitusi agar KPU melaksanakan verifikasi faktual dan Alhamdulillah dalam satu hari sembilan Parpol bisa di verfikasi, dan hari ini Proses terakhir tahapan verifikasi calon peserta pemilu tahun 2019,”ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa partai politik yang dinyatakan memenuhi syarat di Pacitan masih harus melalui proses rekapitulasi hasil verifikasi yang dilakukan oleh KPU Provinsi Jatim, kemudian sampai ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2019 oleh KPU RI pada 17 Februari 2018.

“Walaupun sudah lulus di Kabupaten masih ada tahapan selanjutnya partai politik harus memenuhi 100% ditingkat Nasional dan 75% di tingkat provinsi,”jelasnya.

Adapun partai yang lolos verifikasi adalah Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Demokrat, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Hatu Nurani Rakyat (Hanura), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Kemudian partai baru yang lolos adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Garuda, Partai Berkarya dan Partai Persatuan Indonsia (Perindo). Satu partai lama yakni Partai Bulan Bintang (PBB) tidak menyerahkan berkas sejak awal pendaftaran.

Sementara, Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo mengapresiasi suksesnya pelaksanaan verifikasi calon peserta Pemilu 2019 di Kabupaten Pacitan.

“Selamat atas dilaksanakannya verifikasi Calon Parpol peserta pemilu tahun 2019, berjalan dengan lancar dan aman kami juga mengucapkan kepada Bawaslu Pacitan yang telah mengawal berjalannya proses verfikasi sehingga bisa dilaksanakan dengan baik,”katanya.

Pewarta: Wahyu S
Penyunting: Dwi Purnawan