Waspadai Banyaknya Jalan Berlubang di Pacitan

oleh -131.014 views
Jalan Amblas di Kecamatan Pacitan pada Kamis (8/2/2018).

Pacitanku.com, PACITAN – Masyarakat Pacitan diminta mewaspadai banyaknya jalan berlubang yang ada di sepanjang jalan Ponorogo-Pacitan maupun di wilayah Pacitan kota yang terdampak bencana alam.

Terbaru, jalan utama di wilayah Pacitan kota amblas tepatnya di Jalan KH Ahmad Dahlan, Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Pacitan pada Kamis (8/2/2018) sekitar pukul 08.00 WIB.

Danramil 0801/01 Pacitan Kapten Inf Arif Wahyu Jatmiko dalam keterangannya, Kamis siang menyebut jalan amblas tersebut dikarenakan kondisi tanah yang tidak mampu menahan aliran air serta kondisi drainase yang belum maksimal pasca diadakan perbaikan saluran air di Jalan Marsda Iswahyudi.

Dia mengatakan bahwa seperempat bagian dari badan jalan di perempatan Jalan KH. Ahmad Dahlan mengalami rusak berat, yakni amblas dan berlubang dengan kedalaman sekitar 1,5 meter dan kelebaran 2 meter dan panjang 2 meter.

“Akibat jalan amblas tersebut, arus lalu lintas menjadi terganggu, karena jalan tersebut merupakan akses jalan yang menghubungkan antara Jalan KH. Wakhid Hasyim menuju tempat wisata Pantai Pancer Door,”katanya.

Lebih lanjut, Arif menyebut bahwa arus lalu lintas untuk kendaraan roda dua dan empat masih lancar, namun bagi pengguna jalan  diharapkan waspada dikarenakan terbatasnya penglihatan terutama pada malam hari.

“Terjadinya bencana alam jalan berlubang amblas tersebut dimungkinkan karena adanya akibat perbaikan saluran air yang tidak maksimal, agar tidak berdampak timbul kerugian personil maupun bertambahnya kerugian materiil, disarankan agar jalan tersebut segera diperbaiki karena sangat rawan terjadinya kecelakaan,”pungkasnya.

Jalan berlubang di jalan Pacitan-Ponorogo

Polres Pacitan menandai jalan berlubang di Pacitan-Ponorogo. (Foto: Polres Pacitan)

Selain di wilayah kota, permasalahan jalan berlubang juga terjadi di jalur Provinsi Pacitan-Ponorogo. Pada Senin (5/2/2018) lalu, Kasat Lantas Polres Pacitan bersama dengan petugas Dinas Perhubungan, Petugas Dinas PU dan Kanit Lantas Polsek Tegalombo melaksanakan pewarnaan jalan berlubang yang ada di jalur Propinsi jalan Pacitan-Tegalombo, Senin (5/2/2018)

Kasat Lantas Polres Pacitan Ajun Komisaris Polisi Hendrik K Wardhana mengungkapkan jika jalan berlubang saat ini banyak terdapat di jalan yang menghubungkan Pacitan ke Ponorogo tersebut.

“Selain dapat membahayakan pengguna jalan juga dapat menjadi faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas, ungkapnya, saya tandai dengan cat jalan berlubang supaya jadi tanda bagi pengendara yang melihat sehingga bisa lebih berhati hati,“kata Hendrix.

Hendrix mengatakan bahwa pewarnaan jalan berlubang ini juga sangat berfungsi disaat malam hari yang rata-rata jalan Pacitan-Tegalombo kurang penerangan.

“Satlantas Polres Pacitan sudah berkoordinasi dengan Dinas PU untuk perbaikan jalan berlubang ini sebuah bentuk upaya Satlantas Polres Pacitan dalam menekan tingkat laka lantas yang ada di Pacitan,”pungkasnya, dikutip dari laman Polres Pacitan. (RAPP002)