Begini Detik-detik Longsor Susulan yang Merusak 11 Rumah Warga Arjosari

oleh -131.985 views
Longsor di Madekan Jetis Kidul yang merusak 11 rumah warga. (Foto: Wulan/Pacitanku CJ)

Pacitanku.com, ARJOSARI – Sebulan pasca bencana alam di Pacitan, rupanya ancaman bencana masih belum menjauh dari Pacitan. Terbaru, pada Rabu (20/12/2017) hingga Kamis (21/12/2017) lalu terjadi longsor susulan terjadi di RT/RW 1/III Dusun Madekan, Desa Jetis Kidul Kecamatan Arjosari.

Pacitanku.com mendapatkan video eksklusif dari warga detik-detik terjadinya longsor di kawasan tersebut. Peristiwa longsor susulan tersebut terjadi Rabu malam pada pukul 20.45 WIB, dimana warga mendengar suara bambu pecah dibelakang rumah dan tak lama kemudian suara gemuruh pepohonan. Setelah itu, material longsor pun menimbun rumah warga.

Menurut pendataan tim darurat bencana Pacitan, data awal, empat rumah milik warga yang bermukim di bawah tebing mengalami kerusakan. Dua rumah mengalami rusak sedang, sementara 2 lainya mengalami kerusakan parah, hingga rata dengan tanah.

Longsor di Madekan Jetis Kidul yang merusak 11 rumah warga. (Foto: Wulan/Pacitanku CJ)

Material lumpur dan batu setebal 1 meter, juga masuk ke dalam bangunan rumah warga dan menimbun beberapa perabot rumah. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa longsor susulan tersebut. Namun di perkirakan kerugian material mencapai puluhan juta rupiah. Warga terdampak longsor kini memilih mengungsi.

Selain itu, akses jalan di kawasan tersebut pun terputus. Sementara, warga memakai jalan pintas lewat pinggir sungai untuk menuju ke Dusun lainnya.

Total, sebanyak 11 rumah warga rusak. Kepala Dusun Madekan, Ruslan bersama warga mendata rumah yang terkena longsoran (tertimbun tanah) ada 2 rumah dan yang 2 rusak sedang. Sedangkan yang tujuh rumah yang diatas ada tujuh rumah yang terdampak longsoran mengalami rusak ringan.