Cerita Indartato Tentang Pilkada, Renggangnya Jarak dan Kotak-kotak Antar Kubu

oleh -806 views
Bupati Pacitan Indartato saat melantik Panwascam pada Jumat (27/10/2017). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Indartato menceritakan pengalamannya saat mengikuti kompetisi politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pacitan saat menyampaikan arahan dalam pelantikan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se-Kabupaten Pacitan pada Jumat (27/10/2017) di Pendopo Kabupaten Jalan Jaksa Agung Suprapto Nomor 8 Pacitan.

Saat pelaksanakan Pilkada, terkesan ada jarak antara kubu lawan dan kawan atau pendukung. Meski ada jarak, Indartato berupaya menjaga kondusifitas dengan merangkul semua pihak. Sebab Pilkada menjadi salah satu syarat untuk keberlangsungan pembangunan menuju masyarakat sejahtera.

Baca juga: Sebanyak 36 Panwaslu Pacitan Resmi Dilantik

“Saya bisa cerita, karena saya mengikuti Pilkada. Tapi saya mendekati semuanya. Tidak ada yang kalah dan menang. Karena tugas sebenarnya adalah bagaimana membangun Pacitan kedepan,” tuturnya.

Pemilihan, kata Indartato adalah proses demokrasi memilih pemimpin yang berkualitas. Berbeda pilihan adalah hak setiap warga. Untuk itu dia minta masyarakat lebih dewasa menghadapi pesta pemilihan umum.

Indartato juga berpesan kepada para anggota Panwascam untuk bersikap jujur dalam bertugas. Tujuannya tentu agar tugas yang diemban berhasil dan kondisi masyarakat kondusif. “Pertama adalah jujur. Yang tahu memang hanya Allah SWT,” ucapnya saat pelantikan anggota Panwaslucam di pendopo kabupaten, Jum’at (27/10/2017).

Selain sikap jujur, anggota juga harus bersikap netral dan adil. Dengan begitu, pasca pelaksanaan pemilihan umum, gesekan antar kubu pendukung maupun simpatisan calon yang maju dalam pemilihan dapat diminimalisir.

“Sehingga tidak ada kotak-kotak (antar kubu pendukung-Red), saya yakin anggota panwas yang hari ini dilantik sudah paham aturan mainnya karena banyak diantaranya merupakan anggota lama,” ungkapnya.

Tercatat, dari 159 pendaftar Panwascam, total ada 36 orang anggota Panwascam dinyatakan lolos seleksi dan dilantik. Dengan alokasi setiap kecamatan sebanyak tiga orang. Adapun, Pemkab menyediakan fasilitas gedung UPT yang tidak terpakai di tiap kecamatan.  Mereka akan bertugas pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur tahun 2018, Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden tahun 2019 mendatang. (Humas/RAPP002)