Polres Pacitan: Operasi Ramadniya Prioritaskan Fungsi Satlantas

oleh -101.886 views
Jajaran Polres Pacitan saat apel operasi Ramadniya Semeru 2017, Senin. (Foto: Pemkab Pacitan)
Jajaran Polres Pacitan saat apel operasi Ramadniya Semeru 2017, Senin. (Foto: Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Wakil Kepala Kepolisian Resor Pacitan Komisaris Polisi Hendri Sulistiawan mengatakan, 16 hari Operasi Ramadniya pada 19 Juni sampai 4 Juli memprioritaskan fungsi satuan lalu lintas (satlantas).

“Melalui Operasi Ramadniya 2017 kita menempatkan anggota Polri di pos, baik sebagai pengamanan maupun pelayanan pada masyarakat,” kata Hendri pada gelar pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Ramadniya Semeru 2017, Senin (19/6/2017) kemarin di halaman Mapolres Pacitan.

Hendri mengatakan bahwa beberapa sasaran operasi Ramadniya ini sesuai amanat Kapolri adalah yang pertama yakni terjaganya stabilitas harga pangan. Dalam mewujudkan stabilitas harga pangan tersebut, Polri telah membentuk satgas pangan untuk memantau dan menjaga harga pangan agar tetap stabil.




Menurutnya, upaya tersebut diwujudkan melalui kerjasama dengan kementerian / lembaga terkait serta penegakan hukum yang tegas terhadap para pelaku penimbunan, pengoplosan, pemalsuan, maupun tindak pidana dan pelanggaran lainnya terkait pangan.

“Yang kedua yaitu menjaga kondisi kamtibmas yang kondusif, dan keamanan. Untuk menjaga kondisi kamtibmas yang aman dan kondusif, Kapolri mengingatkan kepada seluruh Kepala Satuan Wilayah untuk mampu menekan angka kejahatan konvensional, seperti curat, curas, curanmor, copet, bius, hipnotis, dan pencurian rumah kosong melalui peningkatan kegiatan pre-emtif, preventif dan represif,”jelasnya.

Dia menyebut personil kepolisian diharapkan melakukan langkah deteksi dini terhadap kerawanan yang ada dengan mengoptimalkan peran Bhabinkamtibmas dan intelijen di lapangan. Berikan himbauan dengan public addres untuk mengingatkan masyarakat agar senantiasa waspada dan turut bersama – sama polri dalam menjaga kamtibmas.

Selain itu operasi ini bertujuan menjamin keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas arus balik dan mudik hari raya Idul Fitri 1438 H.

“Berkaitan dengan kelancaran arus lalu lintas, Kapolri memberikan tekanan agar seluruh personel bisa memberikan pelayanan secara all out. Berikan atensi penuh pada titik rawan laka dan rawan macet yang ada, terutama pada puncak arus mudik yakni H-2 Idul Fitri dan puncak arus balik pada H+5 Idul Fitri,”tutupnya.

Gelar pasukan ini diikuti jajaran Polres Pacitan, Satuan Polisi Pamong Praja, Kodim 0801/Pacitan, Dinas Perhubungan serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pacitan. (RAPP002)