Antisipasi Kemacetan Libur Lebaran, Polres Pacitan akan Lakukan Rekayasa Jalur Wisata

oleh -648 views
Anggota Polres Pacitan saat berada di pos Teleng Ria. (Foto: Dikyasa Res Pacitan)
Anggota Polres Pacitan saat berada di pos Teleng Ria. (Foto: Dikyasa Res Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor Pacitan, Ajun Komisaris Polisi Hendrix Kusuma Wardana mengatakan bahwa pihaknya memprediksi sejumlah obyek wisata di Pacitan dipadati pengunjung, sehingga akan melakukan rekayasa sejumlah titik ruas jalan menuju obyek wisata.

“Akan ada rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan. Salah satunya jalan menuju pantai Klayar, nantinya di pertigaan Kalak, Donorojo, akan diberlakukan satu arah menuju pantai Klayar. Arah sebaliknya, dialihkan melalui pasar Kalak,” katanya kepada wartawan pada Selasa (20/6/2017) di Pacitan.

Selain jalan menuju ke Pantai Klayar di Desa Kalak, Kecamatan Punung dan Desa Sendang Kecamatan Donorojo, Hendrix mengatakan bahwa obyek wisata di wilayah Kecamatan kota menjadi perhatian.

“Jalan masuk yang sempit menuju Teleng Ria berpotensi menjadi titik kemacetan baru selama libur lebaran, kami akan memasang pembatas mulai dari depan Polsek Pacitan Kota dan kantor Disparpora, sampai masuk ke jalan menuju Teleng Ria,  dengan dipasangi pembatas, diharap membuat mobil dan sepeda motor dapat lebih tertib keluar masuk objek wisata tersebut. Bukan asal serobot,” jelasnya.

Selain itu, Hendrix mengatakan bahwa pihaknya bersama Dinas Pehrubungan juga sudah menyiapkan , kantong-kantong parkir yang telah disiapkan Dishub untuk wisatawan selama lebaran nanti juga diharap sudah bisa digunakan.




Hendrix mengatakan bahwa pihaknya juga memberikan perhatian khusus terhadap jalur mudik di Dusun Dondong, Desa Gemaharjo, Tegalombo, serta sepanjang Jalur Lingkar Selatan (JLS) Pacitan-Trenggalek. “Khusus di Gemaharjo, saya berharap banyak pada ruas baru yang tengah dikerjakan DPU Bina Marga Jatim bisa mengantisipasi kemacetan,”katanya.

Polres Pacitan sendiri sudah menyiapkan pos polisi di sejumlah titik vital di Pacitan, seperti obyek wisata dan titik-titik rawan mudik Lebaran. Hal ini merupakan bagian dari kegiatan “Operasi Ramadniya Semeru 2017” yang dicanangkan Polri selama 14 hari mulai tanggal 19 juni sd 30 Juni 2017. Polres Pacitan sendiri menyiapkan 231 anggota untuk menyukseskan kegiatan operasi Ramadniya Semeru 2017 tersebut.