Ini Tempat Wisata di Pacitan yang Paling Direkomendasikan Dikunjungi Saat Libur Lebaran

oleh -103.310 views
Gerbang Pantai Klayar. (Foto: Eko Rias Prahmono)

Pacitanku.com, PACITAN – Libur hari raya Idul Fitri 1438 H akan menjadi masa-masa indah Anda bersama keluarga. Selain bersilaturahmi, hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengunjungi tempat wisata unggulan. Di Pacitan, ada banyak puluhan tempat wisata yang masih alami dan layak untuk Anda kunjungi.

Dan untuk momentum Lebaran kali ini, ada lima tempat wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi saat libur Lebaran. Mengapa direkomendasikan? Karena selain keindahan panorama wisata alamnya, dalam libur lebaran tersebut, lima tempat wisata di Pacitan itu  juga menggelar event-event, terutama event seni dan budaya. Sehingga dengan mengunjunginya, Anda akan mendapatkan dua keuntungan, yakni mendapatkan wisata alamnya, juga mendapatkan hiburan dari berbagai event tersebut.

Ini rincian tempat wisata yang paling direkomendasikan dikunjungi selama libur Lebaran 2017.

1.  Pantai Klayar

Gerbang Pantai Klayar. (Foto: Eko Rias Prahmono/ekorias.blogspot.co.id)

Pantai klayar yang terletak di Dusun Kendal, Desa Sendang Kecamatan Donorojo tak dipungkiri adalah salah satu pantai terbaik di Pacitan dan Indonesia. Perbaikan sarana dan prasarana pun terus dilakukan hingga menjelang Lebaran tahun 2017 ini. Salah satu yang cukup menjadi perhatian adalah perbaikan pintu gerbang yang kini menjadi penuh warna dan eye catching, perluasan jalan dan pengaspalan, serta perluasan lahan parkir Pantai Klayar di sisi selatan.

Pada libur lebaran tahun ini, pantai yang terkenal dengan seruling samudera ini juga diprediksi akan menjadi favorit pengunjung, terutama saat libur lebaran. Tak ketinggalan, hiburan reog Ponorogo Singo Ludro dari Desa Kalak, pada hari lebaran kelima menambah daya tarik pengunjung. Jadi, silahkan mengunjungi pantai ini, tapi tetap jaga kebersihan dan keindahan pantai, dengan tidak mencorat-coret serta membuang sampah pada tempatnya.

2. Pantai Teleng Ria

Kawasan wisata Pantai teleng ria. Foto IG @Swastikamey




Tempat wisata kedua yang direkomendasikan dikunjungi saat liburan lebaran tahun 2017 ini adalah pantai Teleng Ria. Pantai yang terletak tidak jauh dari pusat kota Pacitan ini menjadi pantai rekomendasi Anda saat menikmati liburan Lebaran di Pacitan. Meski tarif masuk relatif lebih mahal dibanding obyek wisata lain di Pacitan, namun kelengkapan fasilitas dan sarana pantai, seperti hotel, restoran hingga water park cukup lengkap.

Apalagi, saat libur Lebaran tahun ini, pengelola Pantai Teleng Ria mulai 26 Juni hingga 2 Juli 2017 akan menggelar live music dangdut. Jadi, tak ada salahnya Anda menikmati liburan ceria bersama keluarga di pantai yang berada di kawasan Teluk Pacitan ini.

3. Pantai Soge

soge via @lukieukie

Selanjutnya, rekomendasi liburan Anda saat libur Lebaran tahun ini adalah Pantai Soge, yang terletak di Dusun Soge, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo. Pantai yang terletak di kawasan Jalur Lintas Selatan (JLS) Pacitan ini menawarkan keindahan pesona alamnya.

Selain menikmati panorama alam, berikut pesona di tempat nongkrong di jembatan Soge, pengelola setempat bahkan akan menggelar pentas seni dan musik dangdut pada Tanggal 27 Juni 2 Juli 2017. Ini bisa menjadi daya tarik tersendiri di pantai yang disebut mirip dengan Green Ocean Road di Australia ini.

4. Pantai Pidakan

Pantai Pidakan Via IG @satlantaspolrespacitan

Tak jauh dari Pantai Soge, ada Pantai Pidakan yang menawarkan pesona alam tak kalah indah. Pantai yang memilikikarakteristik kerikil yang menyelimuti hampir seluruh permukaan pantai ini menjadi rekomendasi saat libur Lebaran. Selain pesona alam ditambah kebersihan pantai, pantai yang dikelola Posdaya Dadirejo dan Karang Taruna Yudha Taruna ini akan menggelar hiburan lives music enam hari nonstop.

Selama 6 hari, gebyar hiburan di wisata Pantai Pidakan Jetak Tulakan dimulai pada Selasa 27 Juni 2017 pukul 09.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB ada dari Om Duta Nada Musica Lorok Pacitan. Kemudian pada Rabu (28/6/2017) pukul 09.00-16.00 WIB ada R Pro Musica Pacitan. Kamis 29/6/2017 ada Musik Koes Plus Mania Pacitan. Kemudian pada Jumat (30/6/2017) ada musik keroncong kakap group Pacitan. Sabtu 1 Juli 2017 ada Pak Thu Musica Lorok Pacitan dan Minggu (2/7/2017) ada seni reog Ponorogo.

5. Pacitan Indah

ELOK. Panorama Pacitan Indah (Sumber Foto: IG @Dwiratnasari)

Selanjutnya, obyek wisata yang direkomendasikan untuk jadi referensi liburan saat Ramadhan adalah Pacitan Indah, yang terletak di Desa Dadapan, kecamatan Pringkuku atau di tepi jalur utama Pacitan-Solo.

Selain panorama keindahan hutan pinusnya yang terkenal, pada Lebaran kali ini pengelola setempat juga menggelar pertunjukan seni khas Pacitan, Kethek Ogleng dari sanggar Seni Condro Wanoro Kecamatan Nawangan.



Tari Kethek Ogleng dari Tokawi Nawangan menghibur warga Pacitan. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pertunjukan seni tari Kethek Ogleng akan digelar pada Selasa 27 Juni hingga Sabtu 2 Juli 2017 mulai pukul 10.00 hingga pukul 14.00 WIB. Bekerja sama dengan GL Malta Tour and Travel, tari Kethek Ogleng akan mengangkat lakon Wanoro Timbrung yang mengangkat kisah Panji Asmara dan Dewi Sekartaji.

Selain lima tempat wisata paling direkomendasikan tersebut, masih ada banyak sekali tempat wisata di Pacitan yang bisa menjadi rujukan bagi Anda saat menikmati momen libur Lebaran di Pacitan. Beberapa obyek wisata tersebut seperti Goa Gong di Desa Bomo Kecamatan Punung, Pantai Banyu Tibo di Desa Widoro Kecamatan Donorojo, Pemandian Air Pansa Tirta Husada di Kecamatan Arjosari dan beberapa obyek wisata lainnya.

Selamat berlibur lebaran. Selamat menikmati wisata di Pacitan dan tentu tetap jaga kebersihan obyek wisata.