Pemkab-Polres Pacitan Kompak Pantau Harga Kebutuhan Pokok Jelang Ramadhan

oleh -101.057 views
Bupati Pacita sidak di Pasar Minulyo Pacitan. (Foto;: Pekathik Kadipaten)
Bupati Pacita sidak di Pasar Minulyo Pacitan, beberapa waktu lalu. (Foto;: Pekathik Kadipaten)
Bupati Pacita sidak di Pasar Minulyo Pacitan. (Foto;: Pekathik Kadipaten)
FOTO ILUSTRASI: Bupati Pacitan sidak di Pasar Minulyo Pacitan, beberapa waktu lalu. (Foto;: Pekathik Kadipaten)

Pacitanku.com, PACITAN  — Stok berbagai kebutuhan pokok masyarakat di Kabupaten Pacitan menjelang Ramadhan dan Lebaran pada tahun ini mencukupi. Hal tersebut diketahui saat Pemerintah Kabupaten Pacitan dan Kepolisian Resor Pacitan kompak meninjau harga kebutuhan pokok jelang Ramadhan di Pacitan, Rabu (24/5/2017).

“‎Harga bahan pokok masih cukup dan stabil, mulai daging, cabe, bawang masih normal, kalaupun naik ya masih dalam harga yang wajar. Saya meminta kepada seluruh OPD terkait untuk selalu mengontrol harga, agar masyarakat tenang,” kata Bupati Pacitan Drs H Indartato MM, Rabu (24/5/2017) saat meninjau di Pasar Tradisional Minulyo, Kelurahan Baleharjo, Pacitan.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang jika mendengar kabar naiknya harga bahan makanan. “Masyarakat kami harap tidak berlebihan dalam menghadapi bulan Ramadhan dan hari raya, agar tidak kaget jika melihat harga yang naik,” katanya lagi.




Sementara, di Kecamatan Bandar, jajaran Kepolisian Sektor Bandar  bersama gabungan intansi terkait melaksanakan operasi pasar pemantauan harga kebutuhan pokok di Pasar Jeruk pada pada Rabu kemarin.

“Mengingat tinggal beberapa hari lagi sudah masuk bulan suci Ramadhan, kebutuhan masarakat semakin banyak terutama sembako,  terkait dengan dengan kebutuhan masyarakat meningkat, polsek Bandar bersama instansi terkait laksanakan patroli pantau harga sembako untuk antisipasi penimbunan sembako oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” jelas Kapolsek Bandar AKP Djamin.

Dia mengungkapkan bahwa pihaknya menggelar pemantauan harga agar masarakat tidak resah serta untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif terutama di wilayah Bandar.“Pemantauan harga di lapangan yang pada hari ini dilaksanakan, harga dan ketersedian sembako di Pasar maupun di toko – toko sampai saat ini masih normal, terutama sembako,”pungkasnya.

Sebagai informasi, harga kebutuhan pokok di Kabupaten Pacitan jelang Bulan Ramadhan terus menunjukkan tren kenaikan. Terbaru, harga sejumlah kebutuhan pokok di Pacitan, seperti daging dan bawang putih masih cukup tinggi.

Untutk harga bawang putih misalnya, meski sudah ada upaya pengendalian harga, namun harga per kilogram bawang putih Rp 40 ribu atau hanya terpaut Rp 2 ribu dibandingkan harga di DKI Jakarta. Sementara, harga kebutuhan pokok lain, daging masih berada di kisaran Rp 120 ribu per kg. (RAPP002)