Perangkat Daerah Harus Jeli Melihat Misi Bupati untuk Pembangunan

oleh -0 Dilihat
Bupati Indartato saat membuka Bimtek di Pacitan. (Humas)
Bupati Indartato saat membuka Bimtek di Pacitan. (Humas)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala Bagian Pengembangan Kinerja Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jatim Dwi Suyantono meminta seluruh perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten dan Kota untuk jeli melihat misi Kepala Daerah.

“Perangkat daerah harus jeli melihat misi, sebagai contoh di Banyuwangi, prioritas Bupati Abdullah Azwar Anas adalah program pariwisata, tugas tim anggaran adalah melihat kebutuhan bupati. Jangan sampai perangkat daerah tidak mengetahui RPJMD, jika ingin A atau BB, anggaran untk sasaran program harus lebih besar dibanding untk internal. Dan anggaran untuk kegiatan yang tidak perlu, dikurangi,” jelasnya saat Bimbingan Teknis Sistem Akuntabilitas Instansi di lingkup Pemkab Pacitan, Selasa (23/5/2017) di Pacitan.




Dwi menuturkan bahwa di lingkup pemprov, tiap-tiap perangkat daerah kini bersaing memperbaiki kinerja. Sebab, jika hasilnya buruk, mereka bakal bersiap menerima sanksi dari Gubernur. Sanksi dapat berupa teguran, pencobotan jabatan, sampai pemotongan anggaran. “Sanksi berupa teguran dilayangkan untuk perangkat daerah yang kinerjanya kurang. Bahkan sampai pemotongan anggaran,” ujarnya.

Sementara, Bupati Indartato berharap kinerja perangkat daerah di jajaran Pemerintah Kabupaten Pacitan diharapkan terus meningkat dan lebih baik. Sehingga nilainya meningkat dan sejajar dengan daerah lain yang telah menyandang grade A dan BB. “Kalau bisa dapat menyamai daerah yang berada di peringkat atas,” tandasnya.

Saat ini Kabupaten Pacitan masuk 10 besar peringkat SAKIP di Jawa Timur. Namun demikian, menurut Bupati, hal tersebut bukan capaian terbaik. Sebab kinerja melayani masyarakat tidak boleh berhenti pada satu titik. Tetapi sebisa mungkin berbanding lurus dengan dinamisasi di masyarakat. “Karena itu kita harus lebih bertanggung jawab dan lebih baik,” pungkasnya. (humas/RAPP002)