Harga Bawang Putih di Pacitan Tembus Angka Rp 40 Ribu

oleh -101.446 views
CEK PASAR. Bupati Indartato melakukan pengecekan harga kebutuhan pokok. (Humas)
CEK PASAR. Bupati Indartato melakukan pengecekan harga kebutuhan pokok. (Humas)

Pacitanku.com, PACITAN – Harga kebutuhan pokok di Kabupaten Pacitan jelang Bulan Ramadhan terus menunjukkan tren kenaikan. Terbaru, saat Bupati Pacitan Indartato menggelar inspeksi mendadak harga kebutuhan pokok, harga sejumlah kebutuhan pokok di Pacitan, seperti daging dan bawang putih masih cukup tinggi.

Untutk harga bawang putih misalnya, meski sudah ada upaya pengendalian harga, namun harga per kilogram bawang putih Rp 40 ribu atau hanya terpaut Rp 2 ribu dibandingkan harga di DKI Jakarta. Sementara, harga kebutuhan pokok lain, daging masih berada di kisaran Rp 120 ribu per kg.




Dalam kunjungannya ke Pasar Minulyo, Baleharjo, pada Rabu (24/5/2017), bupati bersama perangkat daerah terkait, menuju  pasar-pasar untuk mengetahui secara langsung harga-harga kebutuhan pokok menjelang datangnya bulan Ramadhan.”Memang ada kenaikan harga, tetapi kenaikannya tidak jauh. Masih dapat dijangkau oleh masyarakat,” ujarnya.

Meski mengalami kenaikan, Bupati memastikan bahwa stok barnag kebutuhan pokok masyarakat jelang Ramadhan sampai saat ini masih mencukupi. Namun demikian pemerintah daerah akan tetap memantau perkembangannya.

Termasuk mengidentifikasi dan menginventarisasi potensi munculnya spekulan dengan menggandeng pihak-pihak terkait. Tidak itu saja pemkab juga akan menggelar operasi pasar bersama Pemprov Jatim. “Masyarakat jangan panik. Tidak usah berlebihan dalam persiapan menghadapi puasa dan lebaran nanti,” tutupnya. (Humas/RAPP002)