Perairan Pacitan Masih Aman dari Pencurian Ikan Kapal Asing

oleh -131.122 views
Tim Keamanan Terpadu Perairan Pacitan. (Nusantara)
Tim Keamanan Terpadu Perairan Pacitan. (Nusantara)

Pacitanku.com, PACITAN – Anggota Pos Kemanan Laut Terpadu (Poskamladu) Kabupaten Pacitan Kopral Kusnan mengatakan bahwa perairan Pacitan masih relatif aman dari pencurian ikan yang dilakukan kapal asing.

“Pacitan yang tak lepas dari hasil laut merupakan daerah yang sangat strategis dalam pendapatan hasil laut khususnya ikan laut, untuk kapal luar saat ini aman terkendali . Artinya tidak ada kapal yang masuk dari luar karena kita selalu senantiasa mengadakan patroli di wilayah Pantai Pacitan,”katanya dikutip dari Nusantarapos, Rabu (24/5/2017).

Sebagaimana diketahui, dengan potensi ikan laut yang rawan pencurian terutama dari luar negeri, Pemkab melalui Dinas Perikanan bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut dan Polair membentuk satuan pengamanan Laut Poskamladu (Pos Keamanan Laut Terpadu).




Selain ancaman pencurian ikan, Kusnan yang juga anggota TNI AL menuturkan untuk masalah lokal tentunya pasti ada seperti jaring yang tersangkut di Skoci kapal lain. Itupun bisa diselesaikan secara kekeluargaan.“Ketika terjadi permasalahan lokal kita sesegera mungkin menyelesaikannya dengan kekeluargaan seperti jaring yang tersangkut di skoci dan mereka harus menggantinya,” tandasnya.

Dikatakan Kusnan, hubungan keamanan tetap terikat tapi sewaktu-waktu ada operasi gabungan tetap diadakan operasi untuk keamanan wilayah laut Pacitan. Oleh karena itu Poskamladu dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Pemkab saling memiliki hubungan yang sangat dekat sehingga dapat bekerjasama dalam mensejahterakan para nelayan lokal.

“Harapan saya tetap kita jaga keamanan dan ketertiban sehingga nelayan dapat melaksanakan pekerjaannya untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya dengan hasil yang maksimal,” tutupnya.