Polres Pacitan Upayakan Antisipasi Titik Kemacetan dan Rawan Laka Jelang Tahun Baru

oleh -Dibaca 1.139 kali
Petugas kepolisian menutup jalur retak di Gemaharjo. (Foto: Istimewa)
Petugas kepolisian menutup jalur retak di Gemaharjo. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepolisian Resor Pacitan berupaya mengantisipasi kemacetan dan titik rawan kecelakaan lalu lintas di sejumlah ruas jalan, salah satunya adalah jalan ambles di Dusun Dondong, Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, saat liburan akhir tahun.

Selain titik tersebut, titik tempat wisata menjadi prioritas pengamanan Polres Pacitan, seperti kawasan Goa Gong, Teleng Ria dan Pantai Klayar.

“Jembatan Dusun Dondong yang rawan akan longsor jika terjadi hujan lebat serta melarang kendaraan bermuatan melebihi tonase demi keamanan dan kenyamanan dipergantian tahun baru nnati,”kata Kapolres Pacitan, Ajun Komisaris Besar Polisi Suhandana Cakrawijaya saat gelar kordinasi lintas sektoral di Aula Jana Nuraga Polres Pacitan pada Kamis (22/12/2016) kemarin.

Menurut Suhandana, seluruh tempat yang menjadi tujuan utama konsentrasi masa pada saat puncak malam pergantian tahun di wilayah Kota Pacitan, seperti Alun-alun, Jalan Ahmad Yani, dan tempat-tempat wisata , mendapat perhatian khusus dari pihak keamanan.




Kapolres menyampaikan bahwa pihak Polres yang akan diterjunkan sebanyak 240 personel bersama lintas siap mengantisipasi terhadap hal-hal yang sifatnya mengganggu kelancaran Ibadah perayaan Natal dan sekaligus mencegah mendeteksi awal potensi kemacetan dan rawan laka pada liburan Perayaan Natal 2016 dan tahun baru.

“Agar setiap anggota benar-benar maksimal melakukan deteksi dini dan Pengamanan, demi keamaanan dan kelancaran pelaksanaan Ibadah bagi umat Nasrani serta antisipasi kepadatan pengunjung wisatawan di Pacitan pada liburan akhir tahun ini,” ujarnya.

Dalam operasi lilin semeru kali ini, tempat ibadah gereja, tempat wisata dan lokasi pos pengamanan yang nantinya akan ditempatkan personil gabungan Polri, TNI dan Instansi terkait selama Operasi Lilin Semeru 2017 ini direncanakan berlangsung selama 10 hari.

Polres juga menyiapkan 1 pos Pelayanan dan 3 Pos Pengamanan yang terdiri Pos yan alun-alun, Pos pam Teleng Ria, Pos pam Goa Gong dan Pos pam Klayar.

Kapolres juga meminta seluruh instansi Pemerintah Daerah Pacitan memberikan dukungan kepada Polres Pacitan baik itu personil maupun sarana dan prasarana yang diperlukan guna kelancaran pelaksanakan Operasi Lilin Semeru 2016 pengamanan Natal dan tahun baru.

Kegiatan koordinasi dan dan dilanjutkan dengan latihan pra operasi lilin semeru 2016 tersebut diikuti 100 personel yang terlibat operasi. Turut hadir dalam kesempatan itu Kapolres Pacitan AKBP Suhandana Cakrawijaya, Wakapolres Pacitan Kompol Suharsono SH, serta para jajaran pejabat utama dan Kapolsek jajaran Polres Pacitan, Kasat Pol PP, Kepala Dinas Kesehatan, TNI, Jasa Raharja, BPBD, pengelola wisata, Senkom, serta para tokoh agama dan masyarakat. (RAPP002)