Ini 3 Pantai Tersembunyi yang Jadi “Hidden Paradise” Pacitan

oleh
Keindahan Pantai Mblue. (Foto: Instagram Achmad Cholis)

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Tak diragukan lagi bahwa Pacitan adalah surganya pantai-pantai alami yang menawan. Setidaknya ada 77 pantai yang membentang dari ujung barat di Kecamatan Donorojo hingga ujung timur di Kecamatan Sudimoro. Kali ini Pacitanku.com sajikan tiga pantai yang belum tersentuh dan masih jarang dikunjungi, namun memiliki pesona yang memikat hati.

Pantai Mblue-Pringkuku

Keindahan Pantai Mblue. (Foto: Instagram Achmad Cholis)
Keindahan Pantai Mblue. (Foto: Instagram Achmad Cholis)

Pantai Mblue adalah salah satu pantai yang akhir-akhir ini menjadi cukup hits, dan menjadi sasaran para traveller untuk mengunjunginya. Pantai Mblue ini terletak satu wilayah dengan pantai Srau, yakni di desa Candi, Kecamatan Pringkuku, atau berada di sebelah barat pantai Srau dengan jarak tempuh sekitar 10 menit.

Pantai ini terletak di belakang sebuah homestay. Meski memiliki kemiripan denganpantai Srau, yang membedakan disini adalah nuansa naturalnya yang masih kental. Di pantai Mblue, Anda bisa mendapatkan spot foto yang cukup unik, karena adanya jembatan kecil yang terbuat dari kayu.




Nah, Anda cukup dengan berpose tepat di jembatan dan menghadap ke arah lautan luas mata anda akan dimanja keindahan. Untuk menuju ke pantai Mblue, bisa melalui arah pantai Watukarung maupun arah dari Srau. Direkomendasikan, agar cepat sampai lokasi pantai, lebih enak ditempuh dari pantai Srau.

Pantai Teban-Ngadirojo

Alaminya Pantai Teban Ngadirojo. (Foto: atoursaja.com)
Alaminya Pantai Teban Ngadirojo. (Foto: atoursaja.com)

Belum banyak wisatawan yang tahu keberadaan pantai ini. Lokasinya memang sedikit tersembunyi di balik bukit. Inilah Pantai Teban, pantai di pesisir selatan Jawa yang memiliki ombak tidak tinggi ini sehingga cukup aman untuk dijadikan spot berenang.  Pantai ini terletak di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo dengan jarak sekitar 35 kilometer dari kota.

Adapun lokasinya memang agak tertutup, namun jika Anda akan menuju wahana flying fox terpanjang dan tertinggi di Indonesia di pantai Taman, pasti melewati pantai ini. Pantai Teban berada di sebelah timur Pantai Soge dan sebelum Pantai Taman.

Pantai ini cukup unik, sebab tidak memiliki ombak yang besar dan lingkungan sekitarnya dipenuhi oleh pohon mangrove yang tumbuh subur. Pantai ini memiliki pasir putih dan air yang cukup jernih. Oleh sebab itu cocok sekali untuk berenang atau pun snorkeling jika memungkinkan. Apalagi sesekali terlihat ikan-ikan kecil berlalu lalang di perairan.

Pantainya masih sangat sepi sehingga sangat nyaman untuk wisatawan yang suka dengan ketenangan. Saat ini, selain untuk wisata, pantai Teban menjadi pusat konservasi Hutan Bakau di Pacitan. Sebelum masuk ke pantai ada papan peringatan mengenai pelestarian hutan bakau.

Pantai Siwil-Ngadirojo

Keindahan pantai Siwil. (Foto: Instagram @guruhotomo)
Keindahan pantai Siwil. (Foto: Instagram @guruhotomo)

Beberapa ikan nampak berenang hilir mudik di perairan jernih, seakan – akan memamerkan keindahan warna – warni tubuhnya. Ya, perpaduan kuning dan hitam yang menjadi ciri khas salah satu ikan tersebut menambah daya tarik. Pun demikian dengan air yang jernih, batu karang yang berdiri kokoh, yang dijadikan tempat tumbuhnya rumput laut menambah elok dan mempesona suasana taman laut yang berada di Pacitan ini. Inilah pesona pemandangan taman laut Siwil, Ngadirojo, Pacitan.




Seperti diketahui, Pacitan memang dikenal dengan keindahan dan kealamian wisata pantainya. Namun, sensasi berbeda adalah ketika bisa menikmati keindahan perairan Pacitan dengan cara Snorkeling atau selam dangkal. Dan pantai Siwil adalah salah satu pantai yang tepat untuk melakukan aktivitas skin diving atau selam dangkal ini.

Selain menikmati sensasi snorkelling, Anda juga bisa menikmati panorama pantai, lengkap dengan berbagai “fasilitas” alamnya. (RAPP002)