TMMD ke 97, TNI Gelar Sosialisasi Bencana Hingga Bangun Rumah Warga

oleh -131.167 views
Rehab rumah Dami. (Foto: Penrem/TNI)
Rehab rumah Dami. (Foto: Penrem/TNI)
Rehab rumah Dami. (Foto: Penrem/TNI)

Pacitanku.com, TEGALOMBO –Program TNI Menunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 97 Kodim 0801 Pacitan dimanfaatkan untuk menyukseskan gerakan sosial kemasyarakatan di Dusun Grigak, Kemuning, Tegalombo.

Hari Minggu (2/10/2016), Kodim 0801/Pacitan bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan melaksanakan kegiatan penyuluhan penangulangan bencana alam tanah Longsor dalam rangkaian kegiatan TMMD ke 97 bagi warga Kemuning.

“Kabupaten Pacitan ini rawan terjadi bencana alam seperti Banjir, Tanah Longsor, dan Gempa. Kami juga ingin agar materi ini disebarluaskan kepada anggota keluarga, tetangga dan semoga apa yang kami sampaikan dapat menjadi bekal masyarakat dalam mengeliminir jumlah korban bencana alam yang mungkin terjadi,”kata Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD, Ratna Budiono.

Sementara, Pasiter Kodim 0801/Pacitan Kapten Inf Joko Priyadi mengatakan bahwa penyuluhan ini sangat penting bagi warga desa kemuning.

“Hal itu mengingat daerah ini termasuk wilayah yang rentan terhadap terjadinya bencana alam, oleh karena itu, masyarakat dan keluarganya perlu untuk mendapatkan materi tentang bagaimana cara dan upaya agar terhindar bila terjadi bencana alam,”ujarnya.

Usai menggelar sosialisasi bencana, pada Senin (3/10/2016) jajaran TNI menggelar  rehabilitasi rumah Dami (70), warga Dusun Grigak RT. 07/03, Desa Kemuning Kecamatan Tegalombo .

Komandan SSK TMMD Lettu Pas Sugiono menuturkan, Dami sudah tahu bahwa rumahnya akan dibangun melalui program TMMD Ke 97 Kodim 0801 Pacitan. “Kondisi rumah Ibu Dami saat ini kondisinya boleh dibilang kumuh. Nantinya setelah dibongkar dan dibangun kembali, diharapkan akan menjadi rumah yang layak huni. Sehingga tidak berlebihan jika Ibu Dami tidak dapat  menyembunyikan rasa senangnya,”jelasnya.

Saat membongkar rumah Dami, sejumlah  pasukan Satgas TMMD ke 97 Kodim Pacitan antara lain dari Yonif Para Raider 501/BY, Paskhas 463 Lanud Iswahjudi dan Yonzipur bergotong royong bersama warga masyarakat Desa Kemuning. 

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan dan Komando Distrik Militer (Kodim) 0801 Pacitan, Jawa Timur, bekerja sama membangun infrastruktur dan fasilitas umum di daerah terpencil yang dibutuhkan masyarakat.

TMMD merupakan lanjutan Program ABRI masuk desa yang dimulai sejak tahun 1980. TMMD ini merupakan program lintas sektoral dengan sasaran daerah terpencil atau daerah yang wilayahnya belum maju.

Desa Kemuning dipilih karena merupakan daerah terisolir dan sarana prasarananya masih minim, utamanya pada infrastruktur jalan. Oleh karena itu pembangunan akses jalan diprioritaskan.

Di desa terpencil tersebut, tidak hanya akan dibangun infrastruktur jalan desa, tetapi juga akan dibangun infrastruktur lainnya seperti jembatan, jaringan irigasi serta fasilitas umum lainnya yang dibutuhkan masyarakat setempat.

TMMD ke-97 TA 2016 ini mengusung tema “Dengan Semangat Kemanunggalan dan Kerjasama Lintas Sektoral, Dan Lintas Komponen Bangsa, Kita Tingkatkan Percepatan Pembangunan di Daerah Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat”.

Dalam TMMD ini, TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD akan menginap di rumah penduduk untuk lebih mendekatkan diri secara emosional dengan warga. Dalam program ini TNI bekerja bersama rakyat. (RAPP002/Penrem)