Peringati HUT RI di Kampung Halaman, SBY Nikmati Kehadiran Bersama Masyarakat Pacitan

oleh -131.263 views

sby2Pacitanku.com, PACITAN – Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan agar ada keseimbangan pembangunan di Pacitan. Hal tersebut disampaikan pria kelahiran Tremas, Arjosari pada 9 September 1949 tersebut saat memberikan sambutan dalam resepsi kenegaraan di Pendopo Kabupaten Rabu (17/8/2016) malam WIB.

Dalam acara tersebut juga diserahkan lebih dari 50 penghargaan baik yang diperoleh oleh pemerintah kabupaten Pacitan maupun perseorangan.

“Jika terjadi ketimpangan maka hal itu tidak akan baik.Keseimbangan pembangunan infrastruktur dan pembangunan manusia akan menjadikan Pacitan lebih maju, tenteram dan sejahtera serta memiliki rasa keadilan yang tinggi,”jelas pria yang telah mendapatkan gelar Honoris Causa lebih dari 10 ini.

Menurut SBY, saat ini perlu dipahami bahwa keberhasilan tidak hanya ditentukan satu kepemimpinan saja tapi menjadi mata rantai. Setiap pemimpin pasti ingin yang terbaik. Begitu juga dengan jenis tantanganya juga berbeda.

Saat ini, SBY mengaku menikmati saat memperingati hari kemerdekaan dengan masyarakat langsung. Hal yang sangat lama tidak dapat dilakukanya semenjak menjadi presiden selama 10 tahun. Bahkan, beberapa tahun sebelumnya semenjak berkarier di militer hingga menjadi menteri.

“Ini janji saya saat tahun lalu mengikuti peringatan kemerdekaan di kecamatan Nawangan. Tahun ini, janji itu saya tepati dan alhamdulillah dapat mengikuti detik-detik proklamasi di Kabupaten Pacitan,” tandasnya.

Sebelum resepsi di Pendopo, pada siang harinya, sekira pukul 10.00 WIB, SBY mengikuti upacara HUT RI di Pendopo Pacitan. Di jajaran tamu, SBY dan Ibu Ani Yudhoyono duduk di bagian depan. SBY mengenakan setelan jas berwarna gelap lengkap dengan dasi merah dan kopiah. Ibu Ani mendampingi dengan mengenakan kebaya berwarna merah.

SBY beserta seluruh tamu khidmat mengikuti prosesi upacara. Saat bendera Merah Putih dikibarkan, SBY dan tamu berdiri dari kursi masing-masing. Para peserta upacara pun melakukan penghormatan sesuai dengan aba-aba komandan upacara. Selain pejabat, upacara juga dihadiri anak-anak sekolah dan mahasiswa di Pacitan.

Sementara, untuk hari ini, Kamis (18/8/2016), SBY direncanakan akan menghadiri agenda “Penekan Pucang” di alun-alun Pacitan yang akan dimulai kamis siang. Selanjutnya pada Kamis malam, SBY dijadwalkan menghadiri acara pemutaran film layar digital HD 3mx8m di alun-alun. Kunjungan SBY di Pacitan diakhiri pada Jumat (19/8/2016) dengan menghadiri Surfing Hello Pacitan 2016. (RAPP002)