Spesial, SBY dan Ani Yudhoyono Jadi Tamu Kehormatan Upacara Hari Kemerdekaan di Pacitan

oleh -101.575 views

Pacitanku.com, PACITAN – Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono tak mengikuti upacara peringatan Kemerdekaan RI di Istana Negara. Pria yang akrab disapa SBY itu memilih mengikuti upacara di kampung halamannya di Pacitan. Pada Rabu 17 Agustus, sekira pukul 10.00 WIB, upacara berlangsung di Pendopo Kabupaten Pacitan. Bupati Pacitan Indartato bertindak sebagai inspektur upacara.

Di jajaran tamu, SBY dan Ibu Ani Yudhoyono duduk di bagian depan. SBY mengenakan setelan jas berwarna gelap lengkap dengan dasi merah dan kopiah. Ibu Ani mendampingi dengan mengenakan kebaya berwarna merah.

SBY beserta seluruh tamu khidmat mengikuti prosesi upacara. Saat bendera Merah Putih dikibarkan, SBY dan tamu berdiri dari kursi masing-masing. Para peserta upacara pun melakukan penghormatan sesuai dengan aba-aba komandan upacara. Selain pejabat, upacara juga dihadiri anak-anak sekolah dan mahasiswa di Pacitan.

sby2Bupati Pacitan mengaku mendapat informasi kedatangan SBY dan Ani Yudhoyono sejak tiga hari lalu. SBY juga akan menghadiri acara resepsi peringatan HUT RI dan menonton lomba panjat pinang yang digelar warga Pacitan.

“Saya atas nama warga Pacitan bangga. Dalam detik-detik peringatan upacara di Pacitan, Presiden ke-6 dan Ibu Ani turut menghadiri upacara. Beliau (SBY, red) sengaja datang pada kegiatan ini dan ini menjadi kehormatan bagi kita semua rakyat Pacitan,” terang Indartato.

Selain menghadiri upacara, tokoh yang menjabat Presiden RI selama dua periode itu dijadwalkan menyaksikan beberapa lomba dalam rangka perayaan tujuh belasan. Diantaranya lomba panjat pinang di alun-alun dan agenda wisata ‘Hello Pacitan’ di Pantai Pancer Door.

Tokoh kelahiran 9 September itu juga dijadwalkan hadir saat resepsi HUT RI di Pendopo Kabupaten, Rabu (17/8/2016) malam. Berikutnya, SBY akan bernostalgia bersama warga nonton bareng rekaman wawancaranya di salah satu TV nasional.

sbyPelaksanaan upacara detik detik proklamasi sendiri berlangsung lancar. Usai melaksanakan upacara, Bupati didampingi wakil Bupati Yudi Sumbogo dan forum Komunikasi Pimpinan Daerah menemui para anggota LVRI untuk ramah tamah. Selanjutnya, Bupati dan rombongan menuju Lembaga pemasyarakatan (LP) untuk menyerahkan remisi kemerdekaan kepada warga binaan.

Upacra detik detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 71 yang bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Pacitan Drs Indartatao, Komandan Upacara Kapolsek Arjosari AKP Edi Suyono dan Perwira Upacara Kompol Jumadi serta susuna pasukan upacara 3 Sst Kodim 0801 Pacitan, 3 Sst Polres Pacitan, 3 Ton Korpri, 1 Ton Hansip/ Linmas, 1 Ton Dishub Kabupaten Pacitan, 1 Ton Satpam, 3 Ton Perguruan Tinggi, 3 Ton Pelajar SMU dan SMK, 3 Ton Pelajar SMP, 3 Ton Pramuka, 2 Ton Organisasi Kepemudaan dan Korsik dari SMKN 1 Pacitan.

Pada Upacara tersebut hadir pula Prof Dr Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ibu Ani Yudhoyono, Edhie Bhaskoro Yudhoyono beserta Ibu Alya Hatarajasa, Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf Yudhi Diliyanto,SIP, Forkopimda Kabupaten Pacitan, Pejabat Eselon 2 dan 3, Anggota DPRD Kabupaten Pacitan, Seluruh Pa Kodim 0801/Pacitan dan Polres Pacitan serta Ketua Ormas, Parpol se Kabupaten Pacitan. (RAPP002)