3 Daerah Terus Kembangkan Geopark Gunungsewu

oleh -876 views
Bupati Pacitan sepakati pengembangan geopark gunungsewu. (Foto : Liputan6)
Bupati Pacitan sepakati pengembangan geopark gunungsewu. (Foto : Liputan6)

Pacitanku.com, GUNUNG KIDUL – Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan kerja sama dengan Pacitan dan Wonogiri mengembangkan Geopark Gunungsewu yang masuk dalam Global Geoparks Network yang ditetapkan oleh UNESCO.

Penjabat Sekda Gunung Kidul Supartono di Gunung Kidul, Rabu, mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan dua wilayah yakni Kabupaten Pacitan (Jawa Timur), dan Wonogiri (Jawa Tengah) untuk kelanjutan pengembangan Geopark Gunungsewu.

“Koordinasi dilakukan di Gunung Api Nglanggeran, Patuk belum lama ini. Koordinasi dalam rangka menyamakan presepsi untuk mengurai dan menindaklanjuti pasca-ditetapkan masuk dalam GGN,” kata supartono.

Ia mengatakan rapat lanjutan topiknya masih pada seputaran bagaimana progres jauh ke depan dalam menyamakan persepsi memajukan Geopark Gunungsewu. Meski diakuinya untuk tindak lanjut hasil rapat masih menunggu pejabat terkait pulang dari umroh.

“Jadi, nanti setelah pulang dari tanah suci tindak lanjut program segera dijalankan,” kata dia.

Supartono mengatakan program hasil rapat koordinasi di antaranya terkait sharing anggaran di masing-masing kabupaten untuk pengembangan geopark. Terkait dengan persoalan anggaran, kegiatan Gunungsewu Global Geopark Indonesia merupakan prioritas.

“Namun demikian, juga tidak kalah penting dengan prioritas program kerja yang tertuang dalam RPJMD,” katanya.

Selain itu, terkait kerja sama dengan wilayah lain, terkait pariwisata. “Bagaimana ketiga kabupaten bekerjasama terkait pariwisata. Nanti bisa disepakati, misalnya kunjungan wisata dari Pacitan atau Wonogiri diarahkan ke Gunung Kidul. Begitu juga sebaliknya,” katanya. (ant)