Jadi Desa Prestatif Tingkat Provinsi, Ini Kelebihan Gemaharjo

oleh -131.688 views
C

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo kembali menorehkan prestasi. Dalam penilaian administrasi tahap pertama, Desa yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Ponorogo itu sudah lolos 4 besar penilaian lomba desa tingkat provinsi. Bersama Pacitan, tiga kabupaten lain yang juga masuk nominasi adalah Kabupaten Bondowoso, Gresik dan Ponorogo. Lalu apa yang membuat desa Gemaharjo menjadi desa prestatif?

Bupati Pacitan Indartato saat mendampingi tim penilai lomba desa, Selasa (24/5/2016) mengaku terharu dengan pencapaian Desa Gemaharjo. Dengan potensi yang ada serta peran serta masyarakat yang besar Bupati berharap wakil Pacitan ini mampu menjadi yang terbaik hingga tingkat nasional. “Desa Gemaharjo ini sangat luar biasa. Semoga dapat ditiru oleh desa desa yang lain,” kata Indartato, dilansir laman Pemkab Pacitan.

Sebagai informasi, selain sumber daya lokal yang luar biasa, Desa Gemaharjo juga memiliki inovasi yang maju. Salah satunya menyediakan layanan serta ruang informasi melalui internet desa.




Sehingga, melalui terobosan tersebut segala potensi dan informasi desa dapat diakses melalui website resmi milik pemerintah desa. Prestasi Desa Gemaharjo lainya adalah menjadi yang terbaik lomba Posyandu tingkat Provinsi serta masuk nominasi penilaian tingkat nasional lomba perpustakaan desa, yakni perpustakaan desa cahaya.

Sementara, Suriaman, ketua tim penilai lomba desa tingkat Provinsi Jawa Timur, hampir setiap tahun kabupaten Pacitan selalu aktif dan masuk nominasi. Desa Gemaharjo sendiri memawakili kabupaten Pacitan dalam lomba desa dan masuk nominasi penilaian tingkat provinsi. “Kami selalu pamer prestasi Pacitan di Kabupaten lain karena memang Pacitan luar biasa,”ujarnya.

Menurutnya, datangnya prestasi seperti ini menurut Suriaman, tentu tidak tiba-tiba. Kabupaten Pacitan memiliki pola pembinaan yang berbeda dari daerah lain. Yakni, pola pembinaan yang terpadu dengan melibatkan semua pihak. Baik pemerintah daerah, SKPD terkait, Pemerintah desa dan masyarakat.”Seperti instruksi bapak Gubernur, kita akan cari yang terbaik dan terhebat. Sesuai jargonnya Jatim, jaya luar biasa,”pungkasnya. (RAPP002)

Sumber Foto: Pemdes Gemaharjo