Jalur Longsor Tegalombo Diberlakukan Sistem Buka Tutup

oleh -13646 views

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Jajaran Kepolisian Resor Pacitan dan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika setempat akhirnya membuka jalur longsor di Ndegel, Desa Ngreco, Kecamatan Tegalombo, Selasa (1/3/2016) sekitar pukul 10.00 WIB.

Sebelumnya, selama sekitar enam jam, jalur yang menghubungkan Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Ponorogo tersebut terputus total sehingga kendaraan roda empat tidak bisa melewati jalur yang terletak di Km 30 Pacitan tersebut.

Setelah alat berat diterjunkan Dinas Bina Marga dan Pekerjaan Umum Provinsi Jawa Timur, sebagian material longsor sudah dibersihkan, sehingga menghambat arus lalu lintas, baik yang hendak menuju ke arah Ponorogo maupun yang akan ke Pacitan. Bahkan, kemacetan panjang sempat terjadi sebelum jalur dibuka kembali dengan sistem buka tutup.

“Monggo yang mau lewat, jalur sudah dapat dilewati, sementara diberlakukan sistem buka tutup,” kata Kepala Satuan Sabhara Polres Pacitan, Ajun Komisaris Polisi Suprayogi.




Sebagaimana diberitakan sebelumnya di Pacitanku.com, longsor tersebut terjadi akibat hujan deras yang terjadi tersebut. Suprayogi menyebut bahwa material longsor berupa bongkahan batu dan tanah menutupi jalur tersebut, sehingga menyebabkan arus lalu lintas ke Ponorogo dan sebaliknya mengalami putus total sekitar enam jam.

Guna mengantisipasi kemacetan, dikatakan Yogi, saat ini pihaknya mengalihkan jalur di Ponorogo dan Wonogiri. ”Sementara jalur kami alihkan lewat Wonogori dengan memasang rambu di simpang empat penceng kota pacitan, selain itu sudah kami Kordinasikan dengan Ponorogo untuk alihkan arus dari Ponorogo,” katanya.

Untuk kendaraan roda 4 ke atas tujuan Ponorogo dialihkan melalui Wonogiri-Purwantoro-Ponorogo. Sedangkan kendaraan kecil dapat mengambil rute Tulakan-Kasihan-Tegalombo-Ponorogo. Untuk kendaraan tujuan Trenggalek dapat melalui Jalan Lintas Selatan (JLS). Demikian pula kendaraan roda dua dapat menyisir ruas-ruas jalan pedesaan yang ada.  (RAPP002)