Polres Pacitan Turunkan 60 Personel di Operasi Simpatik Jaya 2016

oleh -0 Dilihat
ilustrasi polisi wanita razia. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Pacitan mengerahkan 60 personel untuk mendukung pelaksanaan Operasi Simpatik Jaya 2016 di berbagai titik di Kabupaten Pacitan.

Kepala Polres Pacitan, Ajun Komisaris Besar Polisi Taryadi, usai apel pasukan di Markas Polres Pacitan, Selasa, mengatakan, Operasi Simpatik akan digelar mulai 1 hingga 21 Maret 2016. “Operasi ini merupakan operasi serentak yang juga digelar di Polda lain, untuk sasarannya prefentif dan penegakkan hukum di kawasan tertib lalu lintas,” katanya.

Menurut dia, operasi simpatik kali ini mengutamakan aspek persuasif. Operasi ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas, “Sedangkan untuk jajaran yang kita turunkan sejumlah 60 personel dari kepolisian dan akan di bantu oleh TNI dan Dinas Perhubungan,” jelasnya.

Ia menuturkan tindakan tegas terhadap pengendara kendaraan bermotor dilakukan jika pelanggaran yang dilakukan memang benar-benar membahayakan diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya. “Adapun, sasaran operasi adalah masyarakat pengendara dan juga oknum TNI-Polri yang melanggar aturan lalu lintas,’’ imbuhnya.


Operasi simpatik kali ini, lanjut dia, juga difokuskan pada penghidupan kawasan tertib lalu lintas, seperti rambu-rambu yang sering tidak dihiraukan, parkir yang tidak sesuai dengan tempatnya, dan sebagainya. “Di samping kegiatan rutin operasional lalu lintas, selama operasi akan sama-sama bersinergi membuat atau menghidupkan kembali kawasan tertib berlalu lintas yang sudah ditetapkan sebagai target operasi agar dapat lebih dirasakan oleh masyarakat pengguna jalan,” ujarnya.

Adapun, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Pacitan, Ajun Komisaris J Nugroho menyampaikan bahwa titik operasi kali ini akan digelar di keramaian di Pacitan.  “Khususnya di jalan protokol seperti di jalan Ahmad Yani, Jalan Gatot Subroto, dan titik keramaian seperti pasar yang sudah ditandai dengan terpasangnya rambu-rambu yang berfungsi sebagai mana mestinya,” tandas Nugroho.

Nugroho berharap, dengan giat operasi ini akan mengurangi kemacetan lalu lintas di ruas KTL. “Selain itu, kami harapkan angka Kecelakaan terutama fatalitas laka menurun dan masyarakat tumbuh kesadarannya untuk tertib berkendaraan,”katanya. (RAPP002)