Longsor Belum Tertangani, Jadi Obyek Foto Pengguna Jalan

oleh -13793 views

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Longsor yang terjadi di KM 30 Pacitan, tepatnya di dekat terowongan, Desa Ngreco, Kecamatan Tegalombo pada Selasa dini hari (1/3/2016) membuat jalur yang menghubungkan Pacitan dan Ponorogo tersebut putus untuk sementara. Para pengguna jalan yang melintas di area longsor tersebut memanfaatkan momen longsor tersebut mengabadikan menggunakan kamera smartphone.

Pantauan Pacitanku.com, dikarenakan kondisi jalan dan belum ada perbaikan dari pihak terkait, para pengguna jalan memanfaatkan dengan mengabadikan longsor yang kerap terjadi di kawasan tersebut dengan kamera smartphone. Ada yang mengabadikan longsor, ada pula pengguna jalan yang berfoto dengan latar belakang longsor. Sementara, warga di kawasan tersebut juga nampak melakukan kerja bakti seadanya, terutama membantu para pengguna jalan, yakni pengendara roda dua untuk melewati jalur rawan longsor itu. 

Warga setempat membantu pengguna jalan melewati longsoran. (Foto: Bambang El Pacitano)
Warga setempat membantu pengguna jalan melewati longsoran. (Foto: Bambang El Pacitano)

Bongkahan batu dan material tanah menutup sepenuhnya ruas jalan yang terletak di dekat terowongan tersebut, sehingga menyulitkan pengguna jalan untuk melaluinya, terutama kendaraan roda empat.




Sebagaimana diberitakan sebelumnya, hujan deras yang terjadi di kawasan Desa Ngreco, Kecamatan Tegalombo menyebabkan longsor di jalur utama Pacitan-Ponorogo, tepatnya di dekat terowongan, Desa Ngreco, Kecamatan Tegalombo, Km 30 Pacitan, pada Selasa pagi (1/3/2016) sekitar pukul 03.00 WIB.

Informasi dari Kepala Satuan Sabhara Kepolisian Resor Pacitan, Ajun Komisaris Polisi Suprayogi kepada Pacitanku.com, material longsor menutupi jalur tersebut, sehingga menyebabkan arus lalu lintas ke Ponorogo dan sebaliknya mengalami putus total.

Hingga berita ini diturunkan, proses evakuasi masih menunggu alat berat, sementara petugas dari jajaran Polres Pacitan diturunkan untuk menjaga kondisi di area tanah longsor.

Guna mengantisipasi terjebaknya pengendara, dikatakan Yogi, saat ini pihaknya mengalihkan jalur di Ponorogo dan Wonogiri”Sementara jalur kami alihkan lewat Wonogori dengan memasang rambu di simpang empat penceng kota pacitan, selain itu sudah kami Kordinasikan dengan Ponorogo untuk alihkan arus dari Ponorogo,” pungkasnya. (RAPP002)

Foto: Bambang Setyo Utomo/Pacitanku