Dorong Pengembangan Wisata Kali Barong, Pemkab akan Usahakan Perbaiki Infrastuktur

oleh -13888 views
Tempat wisata Pacitan, Bupati mendayung perahu di Kali Barong. (Foto: Pekathik Kadipaten)

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan mendukung sepenuhnya pengembangan desa wisata Kali Barong yang kini terus dikembangkan masyarakat setempat. Dukungan tersebut disampaikan oleh Bupati Pacitan, Drs H Indartato, MM di sela kunjungan tilik desa di Dusun Barong, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kamis (14/1/2016).

Menurut Indartato, pengembangan desa wisata Kali Barong ini membutuhkan peran semua pihak, terutama tekad yang kuat dari warga menjadikan sungai ini sebagai tujuan wisata. “Kami meminta masyarakat menjaga kebersihan dan kelestarian sungai barong, sehingga jika hal itu terwujud maka tidak hanya pariwisata namun juga baik untuk perikanan dan pertanian,” tandasnya.

Sementara, Indartato juga menyatakan bahwa terkait infrastuktur menuju ke Dusun Barong, terutama jalan menuju ke kawasan tersebut, Pemkab akan terus berusaha memperbaiki.


Sebagai informasi, setelah pada bulan oktober lalu Kali Barong dilaunching sebagai desa wisata, ada beberapa fasilitas di sungai dengan panjang sekitar 150 meter ini. Fasilitas tersebut diantaranya Perahu Mancung, Sepeda Air, dan yang terbaru adalah pusat budidaya ikan nila. Selain itu ada juga wahana wisata kreatif, yakni Ceklukan atau musik dari air yang dimainkan oleh warga setempat.

Menurut keterangan Muhammad Rofiqin, pengelola desa wisata Kali Barong, saat dikonfirmasi Pacitanku.com melalui sambungan telepon seluler, baru-baru ini mengatakan bahwa kesenian “Ceklukan” ini merupakan tradisi masyarakat setempat yang sudah berlangsung sejak puluhan tahun lalu.

“Ceklukan sendiri adalah alunan musik yang tercipta dari air sungai, dengan dimainkan oleh enam sampai tujuh orang air sungai yang biasanya hanya menghasilkan deburan air yang berirama,” tandas pria yang juga Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Pacitan ini.

Dalam kesempatan tilik warga kali ini, Bupati bersama jajaran pejabat Pemkab menggelar jalan sehat bersama warga, kemudian dilanjutkan dengan pelepasan benih ikan nila di Kali Barong dan dilanjutkan dengan penanaman pohon Trembesi di sepanjang jalan menuju Kali Barong. (RAPP002)

Bupati mendayung perahu di Kali Barong. (Foto: Pekathik Kadipaten)